Nadiem Makarim, selaku Menteri Pendidikan dan Kebudayaan berpidato mengenai peringatan hari guru nasional. Diketahui bahwa, vidio tersebut sempat viral dalam beberapa hari terakhir. Pidato itu mendapat pujian dari sejumlah pihak.

Di sisi lain, Fadli Zon., selaku Wakil Ketua Umum Gerindra mengkritisi pidato Nadiem yang justru dinilai tak memperhatikan kesejahteraan guru.

“Dari teks pidato yang beredar di media, saya perhatikan Mendikbud lebih banyak memberikan arahan ketimbang penghargaan kepada para guru. Padahal, semangat utama peringatan Hari Guru bertujuan agar semua pihak, terutama pemerintah untuk menghormati, mengapresiasi, dan meningkatkan kesejahteraan guru,” kata Fadli, dalam keterangannya, Senin, 25 November 2019.

Baca Juga : Rapat Kabinet, Jokowi Berikan 4 Perintah Ini Untuk Nadiem

Fadli menyangsikan tak ada pesan Nadiem dalam kesejahteraan guru di pidato tersebut. Fadli mengatakan bahwa menjadi ironis karena sudah 25 tahun memperingati Hari Guru Nasional, tapi isu kesejahteraan guru tidak kunjung terselesaikan.

“Sayangnya, pesan tersebut tak tercermin dalam pidato Mendikbud tahun ini. Tentunya, ini patut menjadi pertanyaan kita bersama, kenapa isu kesejahteraan guru tidak ada dalam public address Mendikbud,” jelas Fadli.

Fadli menghimbau bahwa kunci pendidikan terletak pada kualitas tenaga pengajar. Namun, menurut dia, hingga sekarang belum terlihat kebijakan pemerintah secara serius untuk mengatasi problem kesejahteraan guru, terutama guru honorer. (NRY-harianindo.com)