Berita ISIS Terbaru: Disokong AS, Pasukan Kurdi Bebaskan Dua Kota



11/08/2014

Berita ISIS Terbaru: Disokong AS, Pasukan Kurdi Bebaskan Dua KotaGwer – Amerika Serikat telah mengatakan bahwa militernya akan memberikan dukungan berupa serangan udara ke Irak untuk membantu pasukan Pemerintah Irak melawan serangan kelompok Islamic State of Iraq and Syria (ISIS). Baru-baru ini diberitakan bahwa kolaborasi tersebut telah mulai memperlihatkan hasil.

Seperti dilansir dari Star Tribune (Senin, 11/8/2014), dilaporkan bahwa pasukan Kurdi, dengan dibantu oleh serangan udara AS tadi, berhasil memukul mundur ISIS dari dua kota di Irak. Dua kota besar tersebut, yakni Gwer dan Mahmour, memang sebelumnya telah dikendalikan oleh ISIS. Dua kota ini memiliki peran penting karena berdekatan dengan Kota Irbil, Ibukota Kurdi.

Komando Pusat AS menyatakan bahwa dukungan serangan udara AS dilakukan dengan mengirimkan sejumlah drone, atau pesawat tanpa awak, dan jet tempur. Kekuatan udara itu awalnya memang disiapkan untuk membantu pertahanan Kota Irbil. Serangan ini mengakibatkan tiga kendaraan militer milik ISIS hancur total, beberapa rusak parah, serta menghancurkan beberapa lokasi peluncuran mortar ISIS.

Adapun serangan ke dua kota tersebut terjadi atas rekomendasi dari AS. Militer AS beranggapan bahwa pasukan Kurdi harus memanfaatkan momentum saat ini untuk memasuki Gwer dan Mahmour. Hasilnya, setelah serangan udara AS tuntas dilancarkan, pasukan Kurdi yang masuk menyerbu kedua kota tersebut pun berhasil memukul mundur anggota ISIS ke tepian bahkan keluar kota.

Keberhasilan merebut dua kota ini disambut baik oleh pasukan Kurdi. Seorang pejuang dan aktivis Partai Demoktratik Kurdi, Taha Ahmed, mengatakan bahwa mereka bisa memperoleh kemenangan berkat bantuan serangan udara AS. (Galang Kenzie Ramadhan – www.harianindo.com)



Google+ comment widget by skipser

Photo Gallery