Berita ISIS Terkini: ISIS Masih Bertahan di Waduk

advertisement:


18/08/2014

Berita ISIS Terkini: ISIS Masih Bertahan di Waduk

Waduk Mosul.
(sumber foto: AP)

Baghdad – Kelompok Islamic State of Iraq and Syria (ISIS), atau yang memiliki nama baru Islamic State (IS), dikabarkan masih bertahan di waduk Mosul. Pasukan ekstrimis tersebut masih bersihkukuh mempertahankan kendali atas waduk tersebut meski telah digempur sedemikian rupa oleh serangan darat dari pasukan Kurdi dan serangan udara dari Amerika Serikat.

Seperti dilansir dari BBC (Minggu, 17/8/2014), pasukan Kurdi melaporkan bahwa selain terus menekan ISIS di waduk Mosul, mereka juga kerepotan membersihkan jebakan dan ranjau yang disebar di sekitar area waduk tersebut. Dikatakan bahwa proses pembersihan ini akan cukup menyita waktu. Dalam serangan udara Minggu kemarin (17/8), pihak AS melaporkan bahwa mereka telah merusak atau menghancurkan sekitar 19 kendaraan milik ISIS dan sebuah pos penyerangan ISIS yang dibangun di sekitar waduk Mosul.

Waduk Mosul merupakan yang terbesar di Irak. Waduk ini mensuplai air bersih dan energi listrik ke Irak bagian Utara. Waduk ini jatuh ke tangan ISIS pada 7 Agustus 2014 lalu. Jatuhnya waduk ini ke tangan ISIS bukan saja menimbulkan kekhawatiran akan kendali sumber daya terpenting (air dan listrik), namun juga kemungkinan adanya tindakan “nekat” untuk membuat air di waduk tersebut membanjiri daerah hilir. Jika waduk Mosul ini bisa direbut kembali, maka hasil tersebut bisa menjadi pukulan balik yang cukup telak bagi ISIS sejak pergerakan mereka pada Juni lalu.

Mantan Menteri Luar Negeri Irak, Hoshyar Zebari, mengatakan bahwa misi berikutnya adalah memberishkan dataran Nineveh dari ISIS, untuk memberikan keamanan bagi warga minoritas. Ribuan warga pemeluk agama Kristen dan Yazidi dikabarkan telah mengungsi ke wilayah tersebut akibat ancaman dari ISIS. (Galang Kenzie Ramadhan – www.harianindo.com)

advertisement


Google+ comment widget by skipser
advertisement


Photo Gallery