Berita ISIS Terkini: Pasukan Kurdi Terus Bergerak Maju, Berusaha Ambil Kembali Bendungan Mosul

advertisement:


17/08/2014

Berita ISIS Terkini: Pasukan Kurdi Terus Bergerak Maju, Berusaha Ambil Kembali Bendungan MosulBaghdad – Pasukan Kurdish telah melaporkan bahwa pihaknya telah bergerak maju dalam serangan untuk mengambil alih kembali bendungan Mosul yang sebelumnya telah diambil alih oleh kelompok Islamic State of Iraq and Syria (ISIS) atau yang dikenal juga dengan nama Islamic State (IS) saja.

Seperti dilansir dari BBC (Minggu, 17/8/2014), sebuah operasi gabungan yang melibatkan pasukan Kurdish dan Angkatan Udara Amerika Serikat telah berjalan sejak pukul 05.00 waktu setempat, dan telah memperoleh hasil yang cukup baik. Serangan gabungan ini ditujukan untuk memukul mundur pasukan ISIS dari bendungan yang telah lepas dari kendali pemerintah sejak 7 Agustus 2014 lalu. Bendungan ini sangat strategis karena memasok air dan energi listrik ke wilayah utara Irak.

Laporan terkini mengatakan bahwa serangan udara dari AS yang dilancarkan untuk membantu serangan darat dari pasukan Kurdish maupun Irak telah terjadi sebanyak sembilan kali pada Sabtu kemarin (16/8). Serangan tersebut dijatuhkan di wilayah yang dikuasai oleh para ekstrimis tersebut di dekat bandungan Mosul dan Kota Irbil. Sekitar 14 kendaraan yang ditumpangi anggota ISIS, termasuk di antaranya kendaraan lapis baja milik AS yang ditinggalkan di Irak tiga tahun lalu telah hencur akibat serangan ini. Melihat perkembangan ini, ada harapan bahwa ISIS bisa sepenuhnya diusir dari bendungan strategis tersebut.

Baca juga
Berita ISIS Terbaru: Warga Yazidi Dibantai di Utara Irak
Berita ISIS Terbaru: PBB Katakan Irak Alami Krisis Kemanusiaan

ISIS atau IS telah menguasai sejumlah wilayah di Irak dan Suriah. Mereka pun telah menempatkan jutaan anggotanya di wilayah-wilayah tersebut. (Galang Kenzie Ramadhan – www.harianindo.com)

advertisement


Google+ comment widget by skipser
advertisement


Photo Gallery