Berita ISIS Terbaru: Dukung Irak, AS Hujani ISIS dengan 4 Serangan Udara

11/08/2014
(Ikuti Kami Di Twitter @harianindo)

Berita ISIS Terbaru: Dukung Irak, AS Hujani ISIS dengan 4 Serangan UdaraBaghdad – Baru-baru ini dikabarkan bahwa militer Amerika Serikat telah melakukan empat serangan udaranya ke wilayah Irak guna membantu perlawanan pasukan Pemerintah Irak terhadap kelompok Islamic State of Iraq and Syria (ISIS), atau yang dikenal juga dengan Islamic State (IS) saja. Empat serangan tersebut terjadi di wilayah Gunung Sinjar.

Seperti dilansir dari Boston Herald (Minggu, 10/8/2014), perwakilan dari pihak militer AS menyampaikan bahwa serangan tersebut dilakukan dengan mengirimkan sejumlah drone, atau pesawat tanpa awak, dan sejumlah jet tempur.

Serangan ke Gunung Sinjar ini perlu dilakukan karena adanya ancaman dari ISIS terhadap sekitar sepuluh ribu penduduk Yazidi yang terjebak di sana. Mereka tidak bisa meninggalkan wilayah gunung tersebut akibat kepungan dari ISIS, serta terancam kelaparan dan dehidrasi bila terlalu lama berada di tempat persembunyian mereka.

advertisement:

Komando Pusat Militer AS melaporkan bahwa saat serangan udara dilancarkan, ISIS tengah menggempur tempat persembunyian warga Yazidi. Disebutkan bahwa serangan ISIS ini tidak pandang bulu, dilancarkan ke arah kerumunan warga sipil Yazidi yang di dalamnya terdapat anak-anak dan perempuan. Menurut laporan AS, serangan ISIS tersebut terjadi sekitar pukul 15.00 waktu setempat, dan terjadi di tiga kawasan di sekitar Gunung Sinjar.

Adapun AS tidak hanya membantu dalam bentuk serangan udara ke wilayah Gunung Sinjar, namun juga bantuan kemanusiaan. Beberapa hari yang lalu, Presiden AS, Barack Obama, telah mengatakan bahwa AS telah menurunkan sejumlah bantuan makanan dan air bersih melalui udara ke lokasi-lokasi persembunyian warga sipil Yazidi di sekitar wilayah gunung tersebut. (Galang Kenzie Ramadhan – www.harianindo.com)

advertisement

Google+ comment widget by skipser
advertisement


Photo Gallery