Home > Ragam Berita > Pemilihan Ketua MPR 2014-2019: Zulkifli Hasan Ditetapkan Menjadi Ketua MPR

Pemilihan Ketua MPR 2014-2019: Zulkifli Hasan Ditetapkan Menjadi Ketua MPR

Pemilihan Ketua MPR 2014-2019: Zulkifli Hasan Ditetapkan Menjadi Ketua MPR

Zulkifli Hasan (tengah, berkacamata) dikerumuni oleh pendukungnya pada sidang paripurna MPR

Jakarta – Sidang paripurna MPR telah menetapkan Zulkifli Hasan sebagai Ketua MPR periode 201-2019. Zulkifli terpiliha setelah melalui proses sidang yang cukup alot dan diwarnai beberapa kericuhan.

Adapun Zulkifli ditetapkan sebagai Ketua MPR Terpilih setelah paket yang disodorkan oleh Koalisi Merah Putih (KMP) berhasil meraup mayoritas suara anggota MPR yang hadir dalam sidang paripurna tersebut. Ya, meski telah banyak pihak yang menghimbau agar pemilihan ketua MPR dilakukan dengan cara musyawarah menuju mufakat, perundingan yang berjalan demikian alot akhirnya memaksa pengambilan keputusan untuk dilakukan secara voting.

Berdasarkan perhitungan suara, Paket B yang diajukan oleh KMP mendapatkan 347 suara, sementara Paket A, yang diajukan oleh Koalisi Indonesia Hebat (KIH), mendapat 330 suara. Satu suara abstain.

Adapun Paket B sendiri berisi Zulkifli Hasan (Demokrat) sebagai Calon ketua MPR, dan empat Calon Wakil Ketua MPR, yakni EE Mangindaan (Demokrat), Mahyudin (Golkar), Hidayat Nur Wahid (PKS), dan Oesman Sapta (DPD).

Untuk Pakt A, berisi Oesman Sapta sebagai Calon Ketua MPR, dengan empat Calon Wakil Ketua MPR, yaitu Ahmad Basarah (PDI-P), Hasrul Azwar (PPP), Imam Nachrawi (PKB), dan Patrice Rio Capella (Nasdem).

Baca juga
Pemilihan Ketua MPR 2014: Paripurna Ricuh, Berikut ini Tanggapan Jokowi

Setelah hasil perhitungan selesai dilakukan, pimpinan MPR periode 2014-2019, yang terdiri dari ketua dan empat wakilnya tadi, pun langsung dilantik.

Adapun pemilihan pimpinan MPR periode 2014-2019 ini berlangsung alot dan panas selama kurang lebih lima jam. Sidang paripurna tersebut dipimpin oleh Maimanah Umar dengan didampingi oleh Ade Rezki Pratama. (Galang Kenzie Ramadhan – www.harianindo.com)

x

Check Also

Sandiaga Menilai Anies Tak Salahi Prosedur Berhentikan Walkot Jaktim Lewat WA

Sandiaga Menilai Anies Tak Salahi Prosedur Berhentikan Walkot Jaktim Lewat WA

Jakarta – Beberapa waktu belakangan ini publik dihebohkan dengan pernyataan dari Mantan Wali Kota Jakarta ...