Home > Ragam Berita > Gerhana Bulan Selenelion: Akan Terlihat Pada Rabu, 8 Oktober 2014

Gerhana Bulan Selenelion: Akan Terlihat Pada Rabu, 8 Oktober 2014

Gerhana Bulan Selenelion: Akan Terlihat Pada Rabu, 8 Oktober 2014Jakarta – Ada fenomena alam langka yang akan terjadi hari ini (Rabu, 8/10/2014), bukan hanya gerhana bulan total biasa, namun kita berpotensi dapat melihat Selenelion.

Seperti dilansir dari NBC News (Selasa, 7/10/2014), Selenelion merupakan sebuah fenomena astronomi dimana Bulan dan Matahari berada pada posisi saling bersebrangan atau 180 derajat dari sudut pandang di Bumi. Untuk wilayah Indonesia Barat, gerhana bulan dapat mulai terlihat sekitar pukul 15.00 WIB dan akan berangsur tertutup pukul 17.25 WIB.

Sementara menurut dosen astronomi Institut Teknologi Bandung, Ferry Simatupang, puncak gerhana Selenelion akan terjadi sekitar pukul 17.54 WIB dan selewat pukul 20.33 WIB bulan tak akan lagi mengalami gerhana.

Namun demikian, diperkirakan banyak pihak puncak gerhana total nanti akan sulit diamati karena bulan masih berada di garis ufuk. Padahal jika dapat diamati dengan jelas, maka bulan akan terlihat berwarna merah darah.

Fenomena alam ini merupakan fenomena kesekian yang terjadi di tahun 2014 ini. Selain gerhana bulan total, dalam kesempatan nanti juga akan terlihat munculnya Uranus bersama bulan serta Selenelion.

Untuk dapat melihat fenomena gerhana bulan nanti, disarankan Anda untuk mencari tempat yang cukup tinggi dan lapang. Berbeda dengan gerhana matahari total, gerhana bulan Selenelion nanti aman untuk disaksikan bahkan dengan mata telanjang. (Rani Soraya – www.harianindo.com)

x

Check Also

Ini Alasan Kapolri Marah Besar ke AKBP Yusuf Yang Tendang Ibu-Ibu di Mini Market

Ini Alasan Kapolri Marah Besar ke AKBP Yusuf Yang Tendang Ibu-Ibu di Mini Market

Jakarta – Kapolri Jenderal Tito Karnavian marah besar terhadap bawahannya, AKBP M Yusuf, yang menendang ...