Home > Ragam Berita > Berita ISIS Terkini: Serangan Pertama Australia Kepada ISIS

Berita ISIS Terkini: Serangan Pertama Australia Kepada ISIS

Berita ISIS Terkini: Serangan Pertama Australia Kepada ISISSydney – Australia akhirnya memulai serangannya kepada kelompok Islamic State of Iraq and Syria (ISIS). Dengan serangan pertama ini, menandakan bahwa mereka telah resmi bergabung bersama koalisi negara-negara anti-ISIS.

Seperti dilansir dari Reuters (Kamis, 9/10/2014), Perdana Menteri Australia, Tony Abbott, pekan lalu mengatakan bahwa pasukan khusus Australia akan segera terbang di Irak yang kemudian disusul dengan pesawat tempur mereka. Kekuatan militer Australia tersebut akan bergabung dengan anggota koalisi anti-ISIS lainnya untuk memberikan dukungan serangan udara dalam peperangan melawan ISIS.

Departemen Pertahanan Australia pun telah melaporkan bahwa semalam (Rabu, 8/10) Angkatan Udara Australia yang tengah beroperasi di wilayah Timur Tengah telah melancarkan serangan kepada target pertama mereka di Irak. Dua bom dijatuhkan dari pesawat tempur F-18F Super Hornet ke salah satu fasilitas milik ISIS di Irak. Semua target telah sukses dihancurkan dan jet-jet tersebut pun sudah kembali ke markas.

Baca juga
Berita ISIS Terkini: 3 Ribu Anggota ISIS Telah Menyeberang dari Suriah ke Irak
Berita ISIS Terkini: Serangan Udara Koalisi Terus Gempur ISIS di Perbatasan Suriah-Turki

Australia memang telah lama menyatakan ingin bergabung bersama koalisi anti-ISIS, namun baru mulai menunjukkan pergerakan militernya pada hari Minggu, 5 Oktober 2014, kemarin. Australia pun juga sempat menunda serangan pertamanya karena pertimbangan banyaknya warga sipil di sekitar target.

Adapun Perdana Menteri Tony Abbott memang terkesan bersikeras untuk ikut bertempur melawan ISIS meski mendapat tentangan dari sejumlah anggota parlemen. Mereka khawatir jika Australia ikut campur tangan dalam konflik ini, maka Australia akan secara resmi menjadi musuh ISIS. Bila demikian, maka ancaman kepada masyarakat Australia juga akan semakin meningkat. (Galang Kenzie Ramadhan – www.harianindo.com)

x

Check Also

Empat Orang Calon Jemaah Haji Asal Sumenep Gagal Berangkat, Ini Sebabnya

Empat Orang Calon Jemaah Haji Asal Sumenep Gagal Berangkat, Ini Sebabnya

Sumenep – Empat orang calon jemaah haji asal Sumenep, Jawa Timut dilaporkan gagal berangkat kerena ...