Home > Ragam Berita > Politik Dalam Negeri: Koalisi Indonesia Hebat Terus Kalah, Puan Disorot

Politik Dalam Negeri: Koalisi Indonesia Hebat Terus Kalah, Puan Disorot

Politik Dalam Negeri: Koalisi Indonesia Hebat Terus Kalah, Puan DisorotJakarta – Peran Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), sebagai penggerak utama Koalisi Indonesia Hebat (KIH) menuai perhatian dari banyak pihak. Hal tersebut disebabkan oleh koalisi partai pendukung Jokowi-JK tersebut yang berulang kali mengalami kekalahan di meja legislatif, contoh saja RUU Pilkada, UU MD3, tata tertib DPR/MPR, sampai pada posisi ketua DPR dan MPR.

Kekalahan beruntun inipun membuat Ketua Fraksi PDIP, Puan Maharani, disorot. Salah seroang pengamat politik, AS Hikam, mengatakan bahwa Puan masih kurang efektif dalam melaksanakan tugasnya sebagai ketua fraksi. Hikam melanjutkan bahwa menuduki posisi sebagai ketua fraksi, harusnya Puan bisa lebih baik membangun komunikasi politik di antara elit fraksi.

Namun demikian, Hikam menilai bahwa langkah Fraksi PDIP merangkul partai politik yang saat ini tergabug dengan koalisi lawannya, yakni Koalisi Merah Putih (KMP), juga patut diperhatikan. Partai PAN dan Golkar, yang sempat diisukan akan bergabung dengan KIH, ternyata tetap berada di KMP sampai usainya pemilihan ketua DPR dan ketua MPR.

Hikam menambahkan lagi bahwa PDIP memang sejak awal bersikeras menawarkan koalisi tanpa syarat. Kengototan inilah yang membuatnya sulit merangkul partai lain, bahkan Partai Demokrat pun akhirnya lebih mendekat ke KMP.

Hikam menjelaskan bahwa politik itu tidak bisa berjalan tanpa kompromi. Pengama politik ini menilai bahwa kekalahan PDIP merupakan tanggungjawab ketua fraksi dan ketua DPP. Pendekatan dan lobi yang dilakukan PDIP tidak bisa tembus karena mereka tak mau kompromi. (Galang Kenzie Ramadhan – www.harianindo.com)

x

Check Also

Diprotes CEO Bukalapak, Presiden Jokowi Sebut Anggaran Riset Rp 26 Triliun Sudah Besar

Diprotes CEO Bukalapak, Presiden Jokowi Sebut Anggaran Riset Rp 26 Triliun Sudah Besar

Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan, anggaran riset dan pengembangan yang dimiliki Indonesia mencapai ...


Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/serverpilot/apps/harianindo/public/wp-content/plugins/mashshare-sharebar/includes/template-functions.php on line 409

Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/serverpilot/apps/harianindo/public/wp-content/plugins/mashshare-sharebar/includes/template-functions.php on line 135