Home > Ragam Berita > Wabah Ebola: Vaksin Ebola Segera Dibagikan ke Afrika Barat

Wabah Ebola: Vaksin Ebola Segera Dibagikan ke Afrika Barat

Wabah Ebola: Vaksin Ebola Segera Dibagikan ke Afrika BaratJenewa – Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) akan segera mengambil langkah besar untuk mengatasi ancaman serangan virus ebola yang semakin berlarut-larut di Afrika Barat. Langkah besar tersebut adalah dengan melalui pembagian vaksin ke wilayah Afrika Barat.

Vaksin pencegah ebola yang dimaksud akan dikirimkan dari Kanada, dan dijadwalkan tiba di Jenewa, Swiss. pada hari ini waktu setempat. Sebelum diproduksi dan diaplikasikan dalam jumlah besar, vaksin tersebut akan diuji coba dulu di laboratorium World Health Organization (WHO) yang berlokasi di kota tersebut (Swiss).

Seperti dilansir dari situs resmi PBB (Rabu, 22/10/2014), adapun Juru Bicara WHO, Fadéla Chaib, mengatakan bahwa vaksin tersebut akan diuji coba oleh peneliti di WHO. Chaib berharap bahwa pekan depan hasil uji coba tersebut sudah bisa keluar, dan kemudian bisa secepatnya dikirim ke Afrika Barat. Tentunya, setelah terbukti berhasil, WHO akan memproduksi vaksin tersebut secara besar-besaran.

Sementara itu di tempat berbeda, Sekretaris Jenderal PBB, Ban ki Moon, menghimbau kepada pemimpin-pemimpin dunia untuk bahu-membahu bersatu melawan dan mencegah penyebaran virus ebola. Hal tersebut dikarenakan oleh penyebaran virus ini yang juga berpotensi terjadi di negara-negara di luar Afrika, seperti yang sempat terjadi di Amerika Serikat beberapa pekan lalu.

Ki Moon menjelaskan bahwa PBB telah menyiapkan dana sebesar US$ 100 juta, atau sekitar Rp 1,2 triliun, untuk mengatasi masalah ini. Dana tersebut akan dikerahkan untuk pengembangan dan produksi vaksin dan pembiayaan peralatan medis serta infrastruktur apapun yang diperlukan untuk mengatasi wabah yang mengerikan ini. (Galang Kenzie Ramadhan – www.harianindo.com)

x

Check Also

Jokowi Akan Umumkan Cawapresnya Dalam Satu-Dua Minggu Ini

Jokowi Akan Umumkan Cawapresnya Dalam Satu-Dua Minggu Ini

Jakarta – Jokowi menyebutkan bahwa siapa sosok cawapres yang akan mendampinginya pada Pilpres 2019 mendatang ...