Voting Majalah TIME: Jokowi Ungguli ObamaJakarta – Nama Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali bergaung di luar negeri. Kali ini, Presiden Jokowi dikabarkan mengungguli Presiden Amerika Serikat (AS), Barack Obama, dalam sebuah voting dari majalah terkemuka, TIME.

Voting tersebut adalah untuk memilih sosok “Person of The Year”. Hingga hari ketiga voting tersebut, yakni Jumat malam, sekitar pukul 23.30 WIB, nama Presiden Jokowi bertengegr di peringkat 17 dari 50 calon yang dipertarungkan. Presiden Jokowi memperoleh 1,8 persen voting. Presiden Jokowi mengungguli Presiden Obama yang mendapat posisi ke-23 dengan 1,6 persen voting.

Adapun dalam voting tersbeut, peringkat pertama diduduki oleh Perdana Menteri India, Narendra Modi, dengan raihansuara 13,5 persen. Presiden Rusia, Vladimir Putin memperoleh 7,1 persen suara, dan kemudian diikuti oleh Menteri Luar Negeri AS, John Kerry, dengan jumlah suara 4,9 persen.

Terus berlanjut, di bawah nama Kerry terdapat nama Malala Yousafzai, yakni seorang remaja aktivi pendidikan asal Pakistan yang memperoleh Nobel Perdamaian. Dirinya memperoleh 3,9 persen suara. Kemudian, Malala disusul oleh dokter dan perawat pasien Ebola dengan raihan 3,4 persen suara.

Adapun dalam pemilihan Person of The Year tahun ini, muncul juga nama-nama seperti penyanyi AS Beyonce, Paus Fransiskus I, Presiden Suriah Bashar al-Assad, Presiden Cina XI Jinping, bahkan sampai pemimpin kelompok Islamic State of Iraq and Syria (ISIS), Abu Bakr al-Baghdadi.

Kembali berbicara mengenai kiprah Presiden Jokowi, ini merupakan kesempatan yang kedua bagi presiden asal Solo tersebut untuk masuk dalam daftar calon Person of The Year dari majalah TIME. Sebelumnya, Presiden Jokowi telah dimasukkan ke dalam daftar tersebut pada tahun 2012. Ketika itu, sosok yang menjadi pemenang adalah Presiden Obama. (Galang Kenzie Ramadhan – www.harianindo.com)