Home > Ragam Berita > Pemberian Izin Kepada Kapal Vietnam di Indonesia Tuai Kecaman

Pemberian Izin Kepada Kapal Vietnam di Indonesia Tuai Kecaman

Pemberian Izin Kepada Kapal Vietnam di Indonesia Tuai Kecaman

Foto penenggelaman kapal ilegal di Kepulauan Riau beberapa waktu yang lalu

Jakarta – Belum lama ini Pemerintah Indonesia telah memberikan izin kepada hamper 2.000 unit kapal nelayan asal Vietnam untuk berlindung di perairan Indonesia. Pemberian izin tersebut lantas mendapat ancaman dari para aktivis lingkungan hidup.

Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti, telah mengkonfirmasi pemberian izin tersebut. Kapal-kapal nelayan Vietnam tersebut diberikan izin asalkan tidak mencuri ikan di perairan Indonesia.

Menyampaikan kepada wartawan BBC, Susi mengatakan bahwa pihaknya masih memiliki itikat baik untuk melakukan diplomasi dengan Vietnam. Namun demikian, bukan berarti kapal-kapal nelayan tersebut bisa seenaknya di perairan Indonesia.

Pemberian izin ini berawal ketika Pemerintah Provinsi Ba Ria-Vung Tau, Vietnam, melalui Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) di Ho Chi Minh City, meminta izin kepada Pemerintah Indonesia untuk memberikan izin kepada hampir 2.000 kapal nelayan Vietnam untuk berlindung di wilayah Indonesia akibat cuaca buruk yang sedang terjadi saat ini.

Juru Bicara KJRI Ho Chi Minh City, Desy Nurmala Sari, mengatakan bahwa pihaknya telah menerima nota diplomatic untuk permohonan berlindung. Kemudian atas arahan dari Konsulat Jenderal, nota tersebut diteruskan ke pemerintah pusat, tepatnya ke Kementerian Luar Negeri dan Kementerian Kelautan dan Perikanan.

Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika, Andi Eka Sakya, mengatakan bahwa pada sekitar pecan depan memang ada kemungkinan gelombang setinggi lebih dari tiga meter di sekitar Pulau Natuna.

Aktivis dari Koalisi rakyat untuk Keadilan Perikanan, Abdul Halim, mengatakan bahwa dengan pemberian izin berlindung tersebut, tidak ada yang bisa menjamin apakah nelayan Vietnam tersebut mencuri ikan di Indonesia atau tidak. Abdul melanjutkan bahwa mestinya pemberian izin tersebut ditunda terlebih dahulu dan diikuti dengan komunikasi lebih lanjut dengan Kedutaan Besar Vietnam di Jakarta untuk meminta upaya pemulangan nelayan-nelayan Vietnam tadi. (Galang Kenzie Ramadhan – www.harianindo.com)

x

Check Also

Pidato Game of Thrones Jokowi Dapat Standing Applause, Anak Buah SBY Justru Menyamakan Dengan Khayalan Anak Kecil

Pidato Game of Thrones Jokowi Dapat Standing Applause, Anak Buah SBY Justru Menyamakan Dengan Khayalan Anak Kecil

Jakarta – Presiden Jokowi mendapatkan standing applause saat berpidato di Opening Anual Meeting International Monetary ...


Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/serverpilot/apps/harianindo/public/wp-content/plugins/mashshare-sharebar/includes/template-functions.php on line 409

Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/serverpilot/apps/harianindo/public/wp-content/plugins/mashshare-sharebar/includes/template-functions.php on line 135