Home > Ragam Berita > Korut Boikot Sidang DK PBB

Korut Boikot Sidang DK PBB

Korut Boikot Sidang DK PBBPyongyang – Pemerintah Korea Utara (Korut) baru-baru ini dikabarkan melakukan aksi boikot dalam Sidang Dewan Keamanan (DK) Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), dengan bahasan utama adalah Hak Asasi Manusia (HAM).

Sidang tersebut sejatinya memang membahas isu HAM di Korut. Bahkan dari sidang tersebut diperkirakan pemimpin tertinggi Korut, Kim Jong Un, akan dijatuhi sanksi atas pelanggaran HAM yang terjadi di negaranya.

Sebelumnya PBB juga pernah memutuskan bahwa Jong Un telah melakukan tindakan pelanggaran HAM di Korut dan harus segera diajukan ke International Criminal Court (ICC—Pengadilan Kriminal Internasional).

Sebagaimana dilansir dari Al Jazeera (Selasa, 23/12/2014), diplomat Korut, Kim Song, mengatakan bahwa jika DK PBB memang akan melakukan tindakan seperti itu terhadap Korut, maka tentu pihaknya akan merespon hal tersebut.

Korut balik menuding bahwa Amerika Serikat (AS) dan sekutu-sekutunya selalu menyudutkan Korut dalam forum internasional dengan isu-isu pelanggaran HAM. Hal yang jelas memperburuk imej Korut di mata dunia.

Adapun para pengamat politik internasional memperkirakan bahwa China, yang memiliki hak veto dalam DK PBB, akan menolak sanksi yang akan dijatuhkan kepada Korut. Karena sebagaimana diketahui, China adalah negara sahabat terdekat dari Korut, khususnya di dalam konteks DK PBB.
Di tempat lain, Semenanjung Korea juga semakin memanas. Korut dilaporkan telah menempatkan kapal perangnya di sekitar perbatasan laut dengan Korea Selatan. (Galang Kenzie Ramadhan – www.harianindo.com)

x

Check Also

Baru Diangkat Jadi Komisaris Angkasa Pura I, Segini Gaji Ali Mochtar Ngabalin

Baru Diangkat Jadi Komisaris Angkasa Pura I, Segini Gaji Ali Mochtar Ngabalin

Jakarta – Belum lama menjabat sebagai Tenaga Ahli Utama Kedeputian IV bidang Komunikasi Politik dan ...