Home > Ragam Berita > Gempa Nepal: Jasad Pendaki Dievakuasi, Total Korban Tembus 7 Ribu Orang

Gempa Nepal: Jasad Pendaki Dievakuasi, Total Korban Tembus 7 Ribu Orang

Gempa Nepal: Jasad Pendaki Dievakuasi, Total Korban Tembus 7 Ribu Orang

Tentara Nepal membantu evakuasi warga.
(sumber foto: Reuters)

Kathmandu – Laporan terbaru dari Kepolisian Nepal mengatakan bahwa 50 jenazah pendaki Gunung Everest yang terkena longsoran salju akibat gempa di Nepal telah dievakuasi. Jumlah total korban saat ini dilaporkan juga telah menembus 7.000 jiwa.

Dilansir dari Reuters (Minggu, 3/5/2015), Wakil Pengawas Polisi Distrik Rasuwa, Pavin Pokharel, mengatakan bahwa 50 jenazah yang ditemukan pada Sabtu kemarin (2/5) tersebut masih belum bisa diidentifikasi. Selain itu, diperkirakan masih ada 200 orang pendaki gunung serta warga desa yang belum ditemukan.

Uddhav Bhattarai, seorang pejabat senior Rasuwa, mengatakan bahwa pihaknya mengalami kesulitan untuk menjangkau wilayah-wilayah tersebut. Tim pencari terhambat oleh keadaan cuaca berawan dan hujan.

Pemerintah Nepal telah menyebutkan bahwa jumlah terkini korban tewas akibat gempa di negara tersebut terus naik dan telah menembus angka 7.000 orang. Selain itu, lebih dari 14.000 orang dilaporkan mengalami luka-luka. Sebelumnya, Perdana Menteri Nepal Sushil Koilara, memperkirakan bahwa jumlah korban tewas akibat gempa dahsyat tersebut bisa saja mencapai kisaran 10.000 jiwa.

Adapun bantuan dari berbagai pihak dan negara terus berdatang ke Nepal. Tim dari Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) sempat mengeluh perihal proses pemeriksaan yang dilakukan oleh pihak bea cukai di Bandara Kathmandu. Pemeriksaan tersebut dianggap terlalu lamban dan justru memperlambat suplai bantuan. Perwakilan dari PBB pun menuntut otoritas setempat untuk mempermudah dan mempercepat aliran bantuan, sehingga tidak terjadi penumpukan dan antrian panjang.

Kendala lain yang dihadapi di lapangan adalah kurangnya kendaraan dan pengemudi yang bertugas untuk mendistribusikan bantuan. Banyak daerah-derah, terutama daerah terpecil, yang masih belum mendapatkan jatah bantuan tersebut. (Galang Kenzie Ramadhan – www.harianindo.com)

x

Check Also

Pengacara Hotma Sitompoel Juga Mendapatkan Keuntungan dari Proyek E-KTP

Pengacara Hotma Sitompoel Juga Mendapatkan Keuntungan dari Proyek E-KTP

Jakarta – Hakim di Pengadilan Tipikor Jakarta meyakini, dua terdakwa mantan pejabat di Kementerian Dalam ...