Home > Ragam Berita > Konfik Yaman: Koalisi Arab Kembali Bombardir Houthi

Konfik Yaman: Koalisi Arab Kembali Bombardir Houthi

Konfik Yaman: Koalisi Arab Kembali Bombardir HouthiSaada – Koalisi Negara Arab kembali menunjukkan tekadnya untuk menghentikan pergerakan Kelompok Houthi di Yaman. Yang terbaru, mereka kembali meluncurkan serangan udara untuk membombardir benteng pertahanan Houthi yang terletak di Provinsi Saada.

Seperti dilansir dari Al Ajzeera (Sabtu, 9/5/2015), gempuran Koalisi Arab tersebut dilancarkan hanya beberapa jam saja setelah Juru Bicara Menteri Pertahanan Arab Saudi, Ahmed Asiri, memperingatkan bahwa Kelompok Houthi telah melewati batas kesabaran Pemerintah Arab Saudi. Aksi Houthi yang menembakkan rudal darat menuju wilayah Najran telah menyebabkan pihak Arab Saudi geram dan memutuskan untuk membalas serangan.

Asiri mengatakan bahwa pihaknya telah menargetkan benteng pertahanan Houthi, dan bertekad untuk menyerang lokasi-lokasi dimana otak gerakan Houthi berada. Pihak Arab Saudi meyakini bahwa salah satu pusat komando Houthi berada di Provinsi Saada.

Asiri melanjutkan bahwa operasi militer yang akan dilancarkan oleh Koalisi Arab nantinya akan lebih lama dan lebih keras lagi. Pihaknya bertekad untuk memburu seluruh komandan kelompok beraliran Syiah tersebut.

Dalam pemberitaan sebelumnya, Kelompok Houthi dilaporkan mulai gerah dengan serangan udara dari Koalisi Arab. Mereka lalu membalasnya dengan meluncurkan rudal darat yang mencapai Kota Najran, Arab Saudi, yang berbatasan langsung dengan Yaman.

Koalisi Arab sendiri memulai agresi militernya untuk menghadapi Kelompok Houthi pada 26 Maret 2015 lalu. Koalisi ini diketahui telah menghujani basis pertahanan Houthi dengan ribuan serangan udara sebagai bagian dari usaha memulihkan Pemerintahan Yaman yang dikacauakan Houthi. (Galang Kenzie Ramadhan – www.harianindo.com)

x

Check Also

Aburizal Bakrie Dukung Aziz Syamsuddin Gantikan Setya Novanto Sebagai Ketua DPR

Aburizal Bakrie Dukung Aziz Syamsuddin Gantikan Setya Novanto Sebagai Ketua DPR

Jakarta – Penggantian Setya Novanto sebagai Ketua DPR dan penunjukkan Aziz Syamsuddin untuk menggantikan Novanto ...