Home > Ragam Berita > Berita ISIS Terkini: Irak Klaim Pemimpin Sementara ISIS Tewas Akibat Serangan Udara Koalisi

Berita ISIS Terkini: Irak Klaim Pemimpin Sementara ISIS Tewas Akibat Serangan Udara Koalisi

Berita ISIS Terkini: Irak Klaim Pemimpin Sementara ISIS Tewas Akibat Serangan Udara Koalisi

Abu Alaa al-Afri
(sumber foto: BBC)

Baghdad – Kementerian Pertahanan Irak pada Rabu lalu (13/5) mengklaim bahwa Abu Alaa al-Afri, sosok yang diyakini telah menjabat sebagai pemimpin sementara kelompok Islamic State of Iraq and Syria (ISIS), telah tewas akibat sebuah serangan udara yang dilancarkan oleh Koalisi Negara Anti-ISIS pimpinan Amerika Serikat (AS).

Al-Afri, yang dianggap sebagai orang nomor dua dalam hierarki kepemimpinan di ISIS, tewas dalam sebuah serangan udara yang ditargetkan terhadap sebuah masjid di Kota Tal Afar, Irak. Kota ini memang telah lama dikuasai oleh ISIS.

Seperti dilansir dari BBC (Rabu, 13/5/2015), juru bicara pemerintah Irak, Brigadir Jenderal Tahsin Ibrahim, menuturkan bahwa ketika serangan tersebut dilancarkan, Al-Afri tengah menggelar sebuah pertmuan dengan puluhan anggota ISIS di Tal Afar. Laporan dari pihak koalisi hanya mengatakan bahwa mereka berhasil menghancurkan sebuah basis pertahanan ISIS dan satu senjata mesin berat. Pihak koalisi belum mengkonfirmasi klaim dari Pemerintah Irak mengenai tewasnya Al-Afri tersebut.

Adapun Al-Afri diangkat sebagai pemimpin sementara ISIS setelah pemimpin tertinggi ISIS, Abu Bakr al-Baghdadi, dilaporkan mengalami luka parah akibat serangan udara dari Koalisi AS pada Maret 2015 lalu. Sejumlah laporan yang beredar mengatakan bahwa Al-Baghdadi mengalami cedera punggung yang cukup parah akibat serangan tersebut, dan kemungkinan tidak bisa melanjutkan tugasnya sebagai pemimpin ISIS, sehingga jabatannya tersebut kemudian dialihkan kepada Al-Afri. (Galang Kenzie Ramadhan – www.harianindo.com)

x

Check Also

Agus Sebut Jumlah Penduduk Miskin Jakarta Meningkat, Ternyata Ini Datanya Menurut BPS

Agus Sebut Jumlah Penduduk Miskin Jakarta Meningkat, Ternyata Ini Datanya Menurut BPS

Jakarta – Pada acara Debat Cagub dan Cawagub DKI Jakarta 2017 yang digelar pada Jumat ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis