Home > Ragam Berita > Beras Plastik: Hasil Lab Temukan Kandungan Serupa Pipa PVC

Beras Plastik: Hasil Lab Temukan Kandungan Serupa Pipa PVC

Beras Plastik: Hasil Lab Temukan Kandungan Serupa Pipa PVCBekasi – Hasil uji laboratorium milik PT Succofindo terkait penyelidikan beras sintetis atau beras plastik menunjukkan hasil yang cukup membuat bergidik. Dalam sampel beras yang ditemukan di Bekasi, Jawa Barat, tersebut, ditemukan adanya kandungan polyvinyl chloride (PVC), seperti yang biasa terkandung dalam pipa, kabel, dan lantai.

Selain itu, beras yang diuji tadi menunjukkan adanya kandungan diisononyl phthalate (DINP), bis 2-ethylhexyl phtalate (DEHP), dan benzyl butyl phthalate (BBP). Ketiga senyawa ini biasa dipakai sebagai bahan untuk membuat pipa dan kabel menjadi lebih lentur.

Sudah barang tentu, empat senyawa tersebut tidak boleh sampai masuk ke dalam tubuh, apalagi dikonsumi. Senyawa-senyawa tersebut bisa meracuni syaraf, menyebabkan kanker, bahkan memicu mutasi genetik.

Untuk bahaya jangka pendek, masuknya plastik ke dalam saluran pencernaan dapat mengakibatkan sembelit dan diare. Untuk bahaya jangka panjang, plastik, yang notabene tidak bisa dikelaurkan melalui saluran pembuangan kotoran, akan memicu terjadinya perubahan sel di dalam tubuh.

Dr. Ari Fahrial Syam, seorang dokter spesialis penyakit dalam yang sekaligus menjadi konsultan gastroenterologi, mengatakan kepada Kompas bahwa phtalate (DEHP) juga bisa memicu kemandulan bagi kaum pria. Sementara untuk wanita, bahaya lain yang ditimbulkan adalah gangguan sistem reproduksi dan gangguan menstruasi. Bahkan dalam kadar yang tinggi dan dialami oleh ibu yang sedang mengandung, maka bisa menyebabkan kelainan atau kecacatan pada bayi yang dilahirkan. (Galang Kenzie Ramadhan – www.harianindo.com)

x

Check Also

Fuad Jabali Menilai Banyak Guru Agama di Indonesia Minim Pengetahuan

Fuad Jabali Menilai Banyak Guru Agama di Indonesia Minim Pengetahuan

Jakarta – Wakil Direktur Pusat Kajian Islam dan Masyarakat (PPIM) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Fuad ...