Home > Ragam Berita > Gelombang Panas India Tewaskan 1.100 Orang

Gelombang Panas India Tewaskan 1.100 Orang

Gelombang Panas India Tewaskan 1.100 OrangNew Delhi – Gelombang panas yang luar biasa telah menyerang India dalam beberapa pekan terakhir. Akibat gelombang panas tersebut, 1.100 orang dikabarkan tewas.

Temperatur panas yang terasa seperti membakar tersebut diperkirakan masih akan berlanjut hingga beberapa pekan ke depan. Artinya, jumlah korban tersebut bisa saja masih akan terus bertambah.

Seperti dilansir dari Al Jazeera (Rabu, 27/5/2015), Ahli Meteorologi Richard Angwin menjelaskan bahwa temperatur udara di India akan melebihi suhu 40 derajat Celsius. Dan kondisi cukup ekstrim tersebut akan terus berlaku hingga musim hujan datang.

Richard mengatakan lagi bahwa untuk daerah-daerah yang diserang panas terparah, hujan tersebut akan turun dalam waktu beberapa pekan lagi. Dan sampai musim hujan benar-benar datang, panas yang membakar ini masih akan terus menjadi masalah.

Laporan dari lapangan mengatakan bahwa wilayah India bagian selatan mengalami panas yang luar biasa dengan suhu puncak 47 derajat Celsius. Sementara ketika malam hari, suhu udara hanya turun sedikit menjadi sekitar 30 derajat Celsius.

Kebanyakan dari korban tewas akibat gelombang panas tersebut adalah pekerja bangunan, pekerja harian berupah rendah, lansia, dan tunawisma. Karena faktor ekonomi mereka yang lemah, mereka tidak mampu mematuhi himbauan dari Pemerintah India untuk sebanyak mungkin tinggal di dalam ruangan dan minum banyak air. Orang-orang kecil tersebut harus tetap bekerja keras untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

Pemerintah India melaporkan bahwa negara bagian Andhra Pradesh, yang terletak di India bagian selatan, menjadi wilayah dengan korban tewas terbanyak. Sejak 18 Mei 2015 lalu, korban tewas di wilayah tersebut telah mencapai 900 orang. Saat ini Pemerintah India tengah mengupayakan bantuan air yang lebih banyak lagi ke wilayah-wilayah di negara bagian tersebut. (Galang Kenzie Ramadhan – www.harianindo.com)

x

Check Also

Bakal Diganti Anies, Fadli Zon Minta Djarot Hentikan Penggusuran

Bakal Diganti Anies, Fadli Zon Minta Djarot Hentikan Penggusuran

Jakarta – Wacana penggusuran sedang dicanangkan oleh Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat. Mendengar hal ...