Home > Ragam Berita > Berita ISIS Terkini: Menhan India Katakan ISIS Sangat Mungkin Peroleh Nuklir di Pakistan

Berita ISIS Terkini: Menhan India Katakan ISIS Sangat Mungkin Peroleh Nuklir di Pakistan

Berita ISIS Terkini: Menhan India Katakan ISIS Sangat Mungkin Peroleh Nuklir di PakistanSingapura – Menteri Pertahanan (Menhan) India, Rao Inderjit Singh, pada Senin kemarin (1/6/2015) berkomentar mengenai kelompok Islamic State of Iraq and Syria (ISIS). Singh menanggapi pernyataan ISIS yang mengatakan bahwa mereka bisa memperoleh senjata nuklir kurang dari 12 bulan. Menurut Singh, pernyataan ISIS tersebut bukan sekadar gertak sambal.

Berbicara dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Keamanan Global di Singapura, Singh menuturkan bahwa dengan kemampuan finansial bernilai jutaan dolar yang dimiliki ISIS di bank, serta ditambah dengan luasnya jaringan dan koneksi yang mereka miliki dengan pedagang-pedagang senjata ilegal di Pakistan, maka kemungkinan ISIS untuk bisa segera membeli bom nuklir sangatlah tinggi.

Singh mengatakan bahwa dengan kebangkitan ISIS di kawasan Asia Barat, satu hal yang paling mengkhawatirkan adalah mereka sangat mungkin memperoleh akses untuk mendapatkan senjata nuklir dari negara-negara seperti Pakistan.

Komentar Singh ini muncul setelah kurang lebih sepekan lalu, ISIS sempat mengklaim bahwa mereka telah memiliki cukup kemampuan untuk memperoleh senjata pemusnah massal tersebut. ISIS mengatakan bahwa mereka telah berkembang jauh lebih kuat dibandingkan dengan setahun yang lalu.

Klaim ISIS ini pertama kali muncul dalam sebuah artikel yang dimuat dalam majalah Dabiq, yakni majalah yang berisi materi propaganda dari ISIS sendiri. Artikel tersebut ditulis oleh seorang jurnalis asal Inggris yang saat ini tengah di sandera oleh ISIS, dan dipaksa untuk menjadi penulis di dalam majalah tersebut. (Galang Kenzie Ramadhan – www.harianindo.com)

x

Check Also

Anies Menghindar Saat Ditanya UU Yang Melarang Istilah Pribumi

Anies Menghindar Saat Ditanya UU Yang Melarang Istilah Pribumi

Jakarta – Anies Baswedan menyampaikan pidato politik perdananya pasca pelantikan secara resmi Gubernur DKI Jakarta ...