Home > Ragam Berita > Gempa Bumi di Dekat Gunung Kinabalu Tewaskan 2 Orang

Gempa Bumi di Dekat Gunung Kinabalu Tewaskan 2 Orang

Gempa Bumi di Dekat Gunung Kinabalu Tewaskan 2 Orang

Foto Gunung Kinabalu pasca gempa(sumber foto: AP)

Kuala Lumpur – Gempa berkekuatan 6 pada Skala Richter dikabarkan menghantam kawasan di dekat Gunung Kinabalu, Malaysia. Akibat gempa tersebut, dua orang tewas dan beberapa lainnya dilaporkan menghilang.

Seperti dilansir dari BBC (Sabtu, 6/6/2015), dua jenazah yang merupakan pemandu pendakian lokal dan seorang anak perempuan berusia 12 tahun asal Singapura ditemukan di sekitar wilayah yang memiliki puncak tertinggi di Malaysia tersebut. Gempa dahsyat itu juga memicu terjadinya tanah longsor, dan menyebabkan 137 orang pendaki terjebak di gunung selama beberapa jam.

Upaya penyelamatan yang dilakukan oleh petugas SAR sempat terkendala oleh kondisi cuaca yang buruk. Namun demikian kru penyelamat tetap stand-by di sekitar wilayah Gunung Kinabalu, dan kemudian bergerak setelah cuaca sudah cukup bersahabat.

Menteri Pariwisata Malaysia, Masidi Manjun, menuliskan pada akun Twitter-nya bahwa 137 orang pendaki yang sempat terjebak telah diselamatkan dan sampai di Kantor Pusat Taman. Namun demikian, petugas SAR masih terus bekerja untuk mencari para pendaki yang belum ditemukan. Manjun sendiri tak menyebutkan secara detail berapa orang yang masih hilang atau terjebak di kawasan gunung yang memiliki ketinggian 4.095 m di atas permukaan laut tersebut.

Menurut laporan yang beredar, ratusan pendaki yang terjebak atau hilang tersebut tengah berusaha mencapai puncak Gunung Kinabalu untuk melihat pemandangan matahari terbit. Saat ini seluruh aktivitas pendakian pun telah sepenuhnya ditutup.

Adapun Survei Geologi Amerika Serikat (AS) menyatakan bahwa gempa bumi di kawasan Gunung Kinabalu terjadi pada pukul 07.17 waktu setempat, dengan kedalaman 10 km, dan berpusat di Ranau, sekitar 54 km dari Gunung Kinabalu. (Galang Kenzie Ramadhan – www.harianindo.com)

x

Check Also

Pengacara Hotma Sitompoel Juga Mendapatkan Keuntungan dari Proyek E-KTP

Pengacara Hotma Sitompoel Juga Mendapatkan Keuntungan dari Proyek E-KTP

Jakarta – Hakim di Pengadilan Tipikor Jakarta meyakini, dua terdakwa mantan pejabat di Kementerian Dalam ...