Home > Ragam Berita > Pengadilan Mesir Tolak Sebut Hamas Sebagai Organisasi Teroris

Pengadilan Mesir Tolak Sebut Hamas Sebagai Organisasi Teroris

Pengadilan Mesir Tolak Sebut Hamas Sebagai Organisasi TerorisKairo – Baru-baru ini Pengadilan Mesir dilaporkan menolak menyebut Kelompok Hamas di Palestina sebagai organisas teroris. Pengadilan Mesir pun mengizinkan warga negara Mesir untuk berkomunikasi dengan kelompok militan tersebut.

Seperti dilansir dari Al Arabiya (Sabtu, 6/6/2015), keputusan ini muncul setelah Pemerintah Mesir mengusulkan pembahasan mengenai ‘status’ dari Kelompok Hamas kepada Pengadilan Mesir. Pemerintah Mesir awalnya mengusulkan bahwa Kelompok Hamas juga dikategorikan sebagai organisasi teroris, karena kerap kali berhubungan dengan organisasi Ikhwanul Muslimin.

Pemerintah Mesir memang menaruh curiga kepada Kelompok Hamas terkait aksi unjuk rasa massa Ikhwanul Muslimin yang mendukung mantan Presiden Morsi. Hamas dicurigai berada di balik gelombang pertentangan terhadap vonis mati mantan Presiden Morsi, yang kemudian berbuntut pada kericuhan dan aksi-aksi kekerasan. Namun demikian, penyelidikan yang dilakukan oleh Pengadilan Mesir tidak bisa menemukan keterlibatan Hamas dalam kasus tersebut.

Adapun Mesir sendiri merupakan salah satu negara kunci bagi proses perdamaian antara Israel dan Palestina. Mesir memang berperan sebagai penengah dalam berbagai perundingan yang melibatkan Pemerintah Israel, Pemerintah Palestina, dan Kelompok Hamas, dalam usahanya menciptakan perdamaian di Jalur Gaza.

Hamas sendiri sempat memiliki hubungan baik dengan Mesir ketika Mohammed Morsi masih menjabat sebagai presiden Mesir. Hal tersebut disebabkan oleh Presiden Morsi yang berpandangan ‘kontra’ terhadap Israel.

Hubungan baik ini kemudian buyar ketika Abdel Fatah al Sisi dilantik menjadi Presiden Mesir yang baru. Presiden Abdel Fatah dikenal memiliki pandangan yang cenderung memihak Israel. Tentunya hal ini sangat bertentangan dengan Hamas. (Galang Kenzie Ramadhan – www.harianindo.com)

x

Check Also

FPI Gelar Milad Besok, Habib Rizieq Dipastikan Tidak Hadir

FPI Gelar Milad Besok, Habib Rizieq Dipastikan Tidak Hadir

Jakarta – Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq dipastikan tidak akan hadir di ...