Home > Ragam Berita > PBB Tuding Israel Terlibat Kejahatan Terhadap Anak-Anak

PBB Tuding Israel Terlibat Kejahatan Terhadap Anak-Anak

PBB Tuding Israel Terlibat Kejahatan Terhadap Anak-AnakTel Aviv – Agen Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang ditugaskan di Israel dan Palestina baru-baru ini melaporkan bahwa jumlah anak-anak yang menjadi korban pada konflik bersenjata di Jalur Gaza pada tahun 2014 lalu berada pada besaran angka yang mengkhawatirkan. Dalam laporan agen PBB tersebut, juga disebutkan bahwa pihak Israel telah melakukan tindakan-tindakan yang telah melanggar hak anak-anak.

Seperti dilansir dari Reuters (Minggu, 7/6/2015), utusan khusus PBB dari Aljazair, Leila Zerrougui, telah mencantumkan nama-nama prajurit Israel dan anggota Kelompok Hamas di Palestina ke dalam rancangan laporan daftar pelaku pelanggaran hak anak-anak tahunan yang kemudian dikirimnya ke Sekretaris Jenderal (Sekjen) PBB, Ban Ki-moon. Laporan tersebut sekaligus menyiratkan bahwa kedua belah pihak yang berkonflik di Jalur Gaza, yakni Pemerintah Israel dan Kelompok Hamas, telah sama-sama berbuat ‘salah’.

Berdasarkan laporan yang dirilis PBB, 2.100 warga negara Palestina, yang mayoritas berasal dari warga sipil non-militan, telah tewas dalam peperangan antara Israel melawan Hamas. Sementara itu, dari pihak Israel terdapat 67 prajurit dan enam warga sipil yang tewas akibat konflik kambuhan tersebut. Dari seluruh korban tewas tadi, tercatat bahwa 540 diantaranya merupakan anak-anak dengan 371 anak berusia 12 tahun atau dibawahnya.

Adapun laporan tersebut juga menjelaskan tentang kematian dan luka-luka yang dialami oleh anak-anak Palestina. Selain itu, dijelaskan pula tentang penahanan anak-anak Palestina dan serangan militer Israel yang menghantam gedung bangunan sekolah. Menurut penyelidikan PBB, militer Israel telah menembak tujuh sekolah milik PBB selama peperangan di Jalur Gaza. (Galang Kenzie Ramadhan – www.harianindo.com)

x

Check Also

Dihadang Ratusan Jemaat, Eksekusi Pengurus Gereja di Surabaya Batal

Dihadang Ratusan Jemaat, Eksekusi Pengurus Gereja di Surabaya Batal

Surabaya – Pembacaan eksekusi terhadap pengurus Gereja Bethany Surabaya oleh panitera Pengadilan Negeri Surabaya pada ...