Home > Ragam Berita > Pertemuan G7: Diwarnai Aksi Demonstrasi

Pertemuan G7: Diwarnai Aksi Demonstrasi

Pertemuan G7: Diwarnai Aksi Demonstrasi

Aksi demonstrasi di Jerman terkait pertemuan G7 2015
(sumber foto IB Times)

Bavaria – Pertemuan pemimpin-pemimpin negara anggota G7 di Jerman diwarnai dengan ratusan aksi demonstrasi. Akibatnya, otoritas keamanan Jerman pun memperketat penjagaannya di seluruh wilayah.

Seperti dilansir dari IB Times (Senin, 8/6/2015), aksi demonstrasi yang diikuti oleh ratusan pendemo berakhir ricuh di Kota Garmisch-Partenkirchen. Ratusan massa bentrok dengan pihak keamanan, dan memaksa petugas untuk menembakkan semprotan merica untuk membubarkan aksi protes tersebut.

Pemerintah Jerman dilaporkan telah mengerahkan 17 ribu personil kepolisian untuk mengamankan berlangsungnya pertemuan G7 yang dimulai pada hari ini. Kekuatan personil sebanyak itu dirasa perlu mengingat hadirnya tujuh pemimpin negara besar dunia dalam pertemuan tersebut.

Adapun pemimpin dunia yang hadir dalam pertemuan tersebut antara lain Kanselir Jerman Andrea Merkel selaku tuan rumah, Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama, Perdana Menteri Inggris David Cameron, Presiden Perancis Francois Holande, Perdana Menteri Kanada Stephen Harper, Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe, dan Perdana Menteri Italia Mateo Renzi.

Satu hari menjelang pertemuan G7, atau tepatnya hari Minggu kemarin (7/6/2015), Presiden Perancis Francois Holande dikabarkan telah meninggalkan Jerman. Presiden Holande terpaksa absen dalam pertemuan tingkat tinggi tersebut karena harus membantu Yunani dalam menangani krisis hutangnya. (Galang Kenzie Ramadhan – www.harianindo.com)

x

Check Also

Pengamat Menilai Anies Baswedan Sedang Memainkan Politik Identitas

Pengamat Menilai Anies Baswedan Sedang Memainkan Politik Identitas

Jakarta – Pidato Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Balai Kota pada Senin (16/10/2017) malam ...