Home > Ragam Berita > Wapres JK Himbau Pengajian dengan Kaset Dihentikan Saja

Wapres JK Himbau Pengajian dengan Kaset Dihentikan Saja

Wapres JK Himbau Pengajian dengan Kaset Dihentikan SajaTegal – Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla (JK) baru-baru ini meminta agar pengurus masjid di seluruh wilayah di Indonesia berhenti memutar kaset pengajian. Menurut Wapres JK, kebiasaan memutar kaset pengajian tersebut tidak menghasilkan pahala bagu yang memutarnya, namun justru mengganggu warga sekitar.

Menghadiri acara pembukaan Ijtima Ulama Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) se-Indonesia yang bertempat di Pondok Pesantren Attauhidiyah, Tegal, Jawa Tengah, pada hari ini (Senin, 8/6/2015), Wapres JK menuturkan bahwa memang kalau orang mengaji akan mendapatkan pahala, namun demikian yang didengungkan di masjid tersebut hanya rekaman kaset. Hal tersebut apakah bisa membuahkan pahala? Yang terjadi adalah polusi suara.

Wapres JK, yang juga menjabat sebagai Ketua Dewan Masjid Indonesia, menceritakan pengalamannya ketika mudik ke Bone, Sulawesi Selatan. Saat itu, wapres merasa terganggu mendengar pengajian yang diputar di empat masjid sekaligus yang berada di sekitar rumahnya. Dan meski sholat subuh berjamaah baru dilaksanakan pada pukul 5 pagi, rekaman kaset tersebut sudah diputar sejak pukul 4.

Wapres JK juga mengatakan bahwa mengaji saat subuh seharusnya tidak perlu terlalu lama. Menurutnya, mengaji cukup lima menit dalam rentang waktu 30 menit sebelum adzan subuh. Aturan ini, tambah wapres, sudah diatur oleh Dewan Masjid Indonesia.

Dalam pertemuan tersebut, Wapres JK juga menyinggung soal pengaturan volume suara. Dirinya mengatakan bahwa masjid di Indonesia sangat banyak dengan jarak sekitar 500 meter yang bila ditempuh dengan jalan kaki tak sampai 10 menit. Oleh karena itu, volume pengeras suara masjid hendaknya diatur untuk mencapai jarak 250 m saja, dan bukannya disetel maksimal seolah saling ‘berkelahi’ antar satu masjid dan lainnya. (Galang Kenzie Ramadhan – www.harianindo.com)

x

Check Also

Perusahaan Pemenang Tender Jadi Tersangka Baru Kasus Korupsi Pengadaan UPS

Perusahaan Pemenang Tender Jadi Tersangka Baru Kasus Korupsi Pengadaan UPS

Jakarta – Bareskrim Polri menetapkan tersangka baru dalam kasus korupsi pengadaan uninterruptible power supply (UPS) ...