Home > Ragam Berita > Konflik Yaman: Houthi Kuasai Kota Besar di Perbatasan Yaman dan Arab Saudi

Konflik Yaman: Houthi Kuasai Kota Besar di Perbatasan Yaman dan Arab Saudi

Konflik Yaman: Houthi Kuasai Kota Besar di Perbatasan Yaman dan Arab SaudiSanaa – Kelompok pemberontak Houthi dan koalisinya di Yaman dilaporkan telah merebut Ibukota Provinsi Al Jawf, Al Hazm. Perkembangan terbaru ini disebut-sebut dapat berpengaruh besar dalam perundingan damai yang diadakan pada Senin ini (15/6/2015) di Jenewa, Swiss.

Seperti dilansir dari Reuters (Minggu, 14/6/2015), laporan mengenai jatuhnya Kota Al Hazm disampaikan oleh penduduk setempat. Menurut tokoh masyarakat setempat, kelompok Houthi telah menguasai semua gedung pemerintahan di Kota Al Hazm. Kesuksesan kelompok Houthi tersebut tak lepas dari dukungan kelompok-kelompok simpatisannya.

Informan yang menolak menyebutkan namanya mengatakan bahwa pasukan Houthi dan kelompok simpatisan Houthi yang sekaligus loyalis mantan Presiden Saleh telah menyebar ke sudut-sudut Kota Al Hazm, dan di gedung-gedung pemerintahan.

Adapun terkait usaha dialog damai, sejumlah sumber di Yaman melaporkan bahwa pesawat Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang terbang dari Sanaa tidak membawa delegasi dari kelompok Houthi bersama mereka. Hal tersebut memunculkan keraguan akan suksesnya dialog tersebut. Banyak pihak khawatir bahwa usaha perundingan untuk perdamaian di Yaman tersebut akan batal, sebagaimana yang terjadi dalam usaha-usaha sebelumnya. (Galang Kenzie Ramadhan – www.harianindo.com)

x

Check Also

Dinilai Janggal, Anies Rombak Delapan Pergub

Ini Penyebab Banjir di Jakarta Kemarin Menurut Anies

Jakarta – Setelah diguyur hujan deras pada Senin (11/12/2017) siang hingga sore kemarin, Jakarta kembali ...