Home > Ragam Berita > Pajak Barang Mewah Dihapus, Harga Barang Elektronik Bisa Turun

Pajak Barang Mewah Dihapus, Harga Barang Elektronik Bisa Turun

Pajak Barang Mewah Dihapus, Harga Barang Elektronik Bisa TurunJakarta – Para pelaku industri elektronik menyambut baik rencana Pemerintah Indonesia untuk menghapuskan pajak penjualan atas barang mewah (PPnBM) untuk komoditas selain kendaraan. Penghapusan pajak barang mewah tersebut dinilai dapat mendukung persaingan sehat industri elektronik dengan produk-produk impor yang masuk secara ilegal.

Ketua Gabungan Pengusaha Elektronik, Ali Soebroto, mengatakan bahwa banyak sekali barang elektronik impor yang sejatinya masuk ke dalam kriteria kena PPnBM. Barang tersebut masuk secara ilegal dan akhirnya bisa lolos dari pajak. Hasilnya, tentu harga jualnya menjadi lebih murah. Dan karena barang-barang tersebut dinilai lebih prestisius, maka barang elektronik lainnya yang legal bisa kalah saing di pasaran.

Ali mengatakan pada media Kontan bahwa selain menguntungkan bagi pelaku industri, penghapusan PPnBM juga mampu membuat harga jual produk elektronik menjadi turun, atau lebih terjangkau bagi konsumen, karena tidak terkena tambahan pajak.

Sebagai informasi, saat ini barang elektronika di kategori alat rumah tangga, seperti lemari es, mesin pemanas, televisi, AC, mesin cuci, pemutar musik, dan sejenisnya dikenai PPnBM sebesar 20 persen. Harga jual alat elektronik rumah tangga yang dikenakan PPbBM adalah yang memiliki harga mulai dari Rp 5 juta.

Lee Kang Hyun, selaku Vice President of PT Samsung Electronics Indonesia, menilai bahwa rencana penghapusan pajak barang mewah ini akan menjadi sebuah katalis positif di tengah jenuhnya pasar peralatan elektronik. Sebab, dengan menurunnya harga jual elektronik, maka hal tersebut bisa memicu minat beli masyarakat. (Galang Kenzie Ramadhan – www.harianindo.com)

x

Check Also

Hasil Survei : Elektabilitas Jokowi Tinggi di Jawa Timur

Hasil Survei : Elektabilitas Jokowi Tinggi di Jawa Timur

Surabaya – Lembaga survei The Initiative Institute melakukan survei terkait Pilpres terhadap 1.016 responden di ...