Home > Ragam Berita > Berita ISIS Terkini: ISIS Halangi Warga untuk Mengungsi

Berita ISIS Terkini: ISIS Halangi Warga untuk Mengungsi

Berita ISIS Terkini: ISIS Halangi Warga untuk MengungsiAnkara – Anggota kelompok Islamic State of Iraq and Syria (ISIS) dilaporkan telah menghalangi warga Kota Tal Abyad yang mencoba mengungsi menuju wilayah Turki. Ribuan pengungsi tersebut dipaksa untuk kembali ke Kota Abyad dengan todongan senjata.

Seperti dilansir dari AFP (Senin, 15/6/2015), ribuan penduduk kota perbatasan tersebut memang berniat untuk menyelamatkan dirinya dari pertempuran antara ISIS dan pasukan Kurdi Suriah, atau yang juga dikenal dengan nama pasukan YPG. Namun demikian, laju pergerakan pengungsi tersebut dicegat oleh ISIS yang datang dengan bersenjata berat. ISIS mengepung ribuan pengungsi tersebut dan menggiring mereka kembali ke Tal Abyad. Hal tersebut sangat disayangkan, mengingat Pemerintah Turki telah mengizinkan pengungsi tersebut untuk masuk ke wilayah mereka.

Sementara itu, pasukan Turki yang menjaga perbatasan hanya bisa memandang dari kejauhan tanpa bisa melakukan apapun. Padahal para pengungsi tersebut sudah hampir mencapai batas Kota Akcakale, sedikit lagi mereka sudah bisa sedikit bernafas lega dari ancaman ISIS.

Banyak pihak menilai bahwa ISIS melakukan hal tersebut untuk menjadikan warga Tal Abyad sebagai perisai hidup dari serangan pasukan Kurdi yang didukung oleh serangan udara dari Koalisi Negara-negara Anti-ISIS yang dipimpin oleh Amerika Serikat (AS).

Adapun menurut laporan dari Rami Abdel Rahman, selaku Direktur Lembaga Pemantau HAM di Suriah (SOHR) mengatakan bahwa pasukan Kurdi kini telah berada di sisi timur Kota Tal Abyad. (Galang Kenzie Ramadhan – www.harianindo.com)

x

Check Also

Kontroversi Pidato Pribumi, Fahri Hamzah Minta Anies Tiru Ahok

Kontroversi Pidato Pribumi, Fahri Hamzah Minta Anies Tiru Ahok

Jakarta – Ramainya polemik terkait isi pidato Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Balai Kota ...