Home > Ragam Berita > Arab Saudi Mulai Puasa pada Hari Kamis

Arab Saudi Mulai Puasa pada Hari Kamis

Arab Saudi Mulai Puasa pada Hari KamisRiyadh – Selain Indonesia, negara lainnya yang memulai bulan Ramadhan pada hari Kamis, 18 Juni 2015 adalah Arab Saudi. Pemerintah Arab Saudi dilaporkan telah melakukan Sidang Itsbat pada Selasa, 16 Juni 2015 kemarin.

Seperti dilansir dari Emirates24/7 (Rabu, 17/6/2015), Mahkamah Agung Arab Saudi mengatakan bahwa pada Sidang Itsbat kemarin malam, bulan baru, atau yang disebut juga dengan hilal, belum terlihat di wilayah mereka. Artinya, bulan sudi Ramadhan 1436 Hijriah, akan jatuh pada hari Kamis besok.

Pemerintah Arab Saudi secara resmi menyatakan bahwa berdasarkan pengamatan, ditetapkan bahwa hari ini (Rabu, 17/6/2015), merupakan hari terakhir bulan Sya’ban, dan Kamis besok merupakan awal dari bulan suci Ramadhan.

Adapun hasil Sidang Itsbat yang dilakukan oleh Pemerintah Arab Saudi tersebut kurang lebih serupa dengan yang terjadi di Indonesia. Menteri Agama Indonesia, Lukman Hakim Saifuddin, telah menegaskan bulan suci Ramadhan di Indonesia, jatuh pada Kamis 18 Juni 2015.

Lukman mengatakan bahwa seluruh peserta Sidang Itsbat telah menyepakati bahwa pada Selasa kemarin hilal masih belum nampak. Oleh karena itu, bulan Sya’ban pun digenapkan menjadi 30 hari, dan tanggal 1 Ramadhan jatuh pada hari Kamis. (Galang Kenzie Ramadhan – www.harianindo.com)

x

Check Also

PKL Tanah Abang Kini Lebih Bebas Berjualan di Trotoar

PKL Tanah Abang Kini Lebih Bebas Berjualan di Trotoar

Jakarta – Pedagang Kaki Lima (PKL) kembali berdagang di trotoar yang berada di kawasan Tanah ...