Home > Ragam Berita > Para Pendaftar Capim KPK Didominasi Oleh Advokat

Para Pendaftar Capim KPK Didominasi Oleh Advokat

Para Pendaftar Capim KPK Didominasi Oleh AdvokatSemarang – Tercatat sampai hari kemarin, capim KPK yang sudah tersaring sebanyak 140 pendaftar. Yang menariknya para pendaftar yang dari unsur akademis menurun, sedangkan yang dari kalangan advokat meningkat tajam.

Tercatat dari jumlah pelamar yang masuk, untuk profesi advokat mencapai 32 orang, dari kalangan PNS dan pensiunan sebanyak 26 orang, dan yang dari unsur dosen atau akademisi berjumlah 17 orang. Sedangkan sisanya berasal dari kepolisian, wiraswasta, komisaris perusahaan, dan masyarakat sipil.

Dalam keterangan persnya, di Hotel Patra Jasa Semarang, Kamis (18/6), di sela-sela Seminar dan Road Show Mencari Sosok Ideal Pimpinan KPK 2015-2019, Wakil Ketua Panitia Seleksi (Pansel) KPK Prof Dr Enny Nurbaningsih , mengungkapkan bahwa untuk pendaftaran dan seleksi dilakukan secara terbuka.

Bahkan melalui pesan singkat pihak panitia seleksi memberikan ajakan kepada anak bangsa yang peduli akan kemajuan bangsa agar terlepas dari korupsi. Diungkapkan oleh Enny bahwa selama seleksi pelamar dapat mendaftarkan langsung ataupun melalui surat elektronik disertai dengan kelengkapan data pribadi.

Namun jika ada pendaftar yang masih kurang persyaratannya dapat segera melengkapi berkas dan diberikan batas waktu hingga 27 Juni 2015. Rata-rata kekurangannya seperti surat keterangan sehat atau surat berkelakuan baik di kepolisian.

Kelonggaran ini diberikan mengingat masih lama tenggang waktu seleksi capim KPK. Setelah nantinya pendaftaran ditutup, akan dilanjutkan masa tanggapan dari masyarakat dalam kurun waktu satu bulan penuh, terhitung dari tanggal 27 Juni hingga 26 Juli.

Tanggapan dari masyarakat ini dapat berupa masukan, kabar, informasi, ataupun tanggapan yang lainnya. Selain itu pihak KPK juga menjalin bekerjasama dengan Badan Intelijen Negara, Kepolisian, Kejaksaan, PPATK untuk duduk bersama-sama men-tracking data-data para capim KPK. (Rini Masriyah – www.harianindo.com)

x

Check Also

Pengacara Hotma Sitompoel Juga Mendapatkan Keuntungan dari Proyek E-KTP

Pengacara Hotma Sitompoel Juga Mendapatkan Keuntungan dari Proyek E-KTP

Jakarta – Hakim di Pengadilan Tipikor Jakarta meyakini, dua terdakwa mantan pejabat di Kementerian Dalam ...