Home > Ragam Berita > Wabah MERS: Korsel Jamin Korsel Aman bagi Pengunjung

Wabah MERS: Korsel Jamin Korsel Aman bagi Pengunjung

Wabah MERS: Korsel Jamin Korsel Aman bagi PengunjungJakarta – Duta Besar (Dubes) Korea Selatan (Korsel) untuk Indonesia, Taiyoung Cho, menegaskan bahwa negaranya aman untuk didatangi pengunjung dari luar negeri meski isu penyebaran virus Sindrom Pernafasan Timur Tengah (Middle East Respiratory Syndrome / MERS) masih menjadi perhatian utama di negara tersebut.

Penegasan Cho ini diutarakannya berdasarkan hasil rapat darurat Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) yang dilaksanakan pada 16 Juni 2015 lalu. Dari hasil rapat tersebut, disebutkan bahwa penyebaran virus MERS di Korsel belum mencapai sebuah keadaan darurat. Oleh karena itu, pembatasan kunjungan, atau bahkan travel ban, terhadap Negeri Ginseng tersebut tidak diperlukan.

Dalam konferensi pers di Kedutaan Besar Korea Selatan untuk Indonesia di Jakarta, Jumat, 19 Juni 2015 tadi, Cho mengatakan bahwa WHO telah mengirimkan tim penyidiknya ke Korsel pada 16 Juni 2015 lalu. Mereka kemudian mengadakan sebuah rapat darurat yang menghasilkan sebuah rekomendasi. Rekomendasi tersebut menyebutkan bahwa WHO tidak perlu mengeluarkan putusan pembatasna perjalanan ataupun perdagangan dalam bentuk apapun terhadap Korsel.

Dubes Cho melanjutkan bahwa menurut data yang diperolehnya, sampai saat ini belum ada turis atau warga negara asing yang terjangkit MERS di Korsel. Pemerintah Korsel pun yakin bahwa penyebaran MERS di negara tersebut hanya terjadi di wilayah-wilayah tertentu saja, yakni di fasilitas-fasilitas kesehatan seperti rumah sakit dan klinik, yang kini sudah mengalami proses isolasi oleh pemerintah.

Adapun isu MERS di Korsel ini memang telah memukul telak angka wisatawan luar negeri di Korsel. Menurut laporan yang beredar, sekitar 120 ribu calon pengunjung dari mancanegara telah membatalkan kepergiannya menuju Korsel akibat isu penyebaran MERS yang mencuat sejak bulan lalu. (Galang Kenzie Ramadhan – www.harianindo.com)

x

Check Also

Inilah Penjelasan Anies Terkait Pidatonya yang Menjadi Polemik

Pidato Politik Perdana Anies: Kini Saatnya Pribumi Jadi Tuan Rumah di Negeri Indonesia

Jakarta – Setelah dilantik menjadi Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan kemudian menyampaikan pidato politiknya di ...