Home > Teknologi > Whatsapp Dinobatkan sebagai Perusahaan Teknologi Berpengamanan Terburuk

Whatsapp Dinobatkan sebagai Perusahaan Teknologi Berpengamanan Terburuk

Whatsapp Dinobatkan sebagai Perusahaan Teknologi Berpengamanan TerburukWashington – Baru-baru ini, WhatsApp ditasbihkan sebagai perusahaan teknologi terburuk di bidang sistem pengamanan privasi penggunanya. Temuan tersebut pertama kali diungkapkan oleh The Electronic Frontier Foundation (EFF) di dalam laporan tahunannya.

Seperti dilansir dari CNET (Jumat, 19/6/2015), WhatsApp, bersama dengan AT&T, hanya memperoleh satu bintang dari lima indikator penilaian yang ada. Satu bintang tersebut menggambarkan bagaimana keikutsertaan WhatsApp untuk menentang pembocoran informasi pribadi dari para penggunanya.

Hasil penilaian pada indikator lainnya memperlihatkan bagaimana WhatsApp masih kurang handal dalam hal mempraktikkan standar keamanan industri pada umumnya.

Selain itu, layanan chatting tersebut juga dinilai kurang informatif dalam beberapa hal, yakni mengenai isu penghapusan konten tertentu sebagaimana yang dihimbaukan oleh pemerintah melalui kebijakan terkait penyimpanan data.

Adapun EFF juga mengumumkan beberapa perusahaan teknologi yang memiliki pengamanan paling baik, yakni Apple, Yahoo, WordPress, Dropbox, dan Adobe. Keempat raksasa teknologi tersebut memenuhi seluruh standar pengamanan untuk melindungi data pribadi penggunanya.

Satu hal yang unik adalah penilaian yang diberikan terhadap Google dan Microsoft. Dua raksasa IT tersebut juga dinilai kurang aman, meski tentunya, peringkat mereka masih berada di atas WhatsApp. Google dan Microsoft dihadiahi tiga bintang oleh EFF. Temuan tersebut cukup unik mengingat selama ini dua perusahaan tersebut memang kerap kali mengunggulkan kapabilitas keamanan mereka. (Galang Kenzie Ramadhan – www.harianindo.com)

x

Check Also

Gokil, Penampakan Nyeleneh Emak-emak Saat Naik Ojek Online

Gokil, Penampakan Nyeleneh Emak-emak Saat Naik Ojek Online

Jakarta – Moda transportasi roda dua berbasis online alias ojek online kini tengah digandrungi oleh ...