Home > Ragam Berita > Dahlan Iskan Diperiksa Bareskrim 8 Jam

Dahlan Iskan Diperiksa Bareskrim 8 Jam

Dahlan Iskan Diperiksa Bareskrim 8 JamJakarta – Mantan Dirut PLN dan Menteri Negara BUMN, Dahlan Iskan, memenuhi panggilan dari Bareskrim pada Senin (22/6/2015) dalam kapasitasnya sebagai saksi untuk kasus korupsi pengadaan Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis High Speed Diesel (HSD) di PT PLN.

Dahlan Iskan yang pada waktu itu mengenakan kemeja berwarna biru diperiksa selama kurang lebih 8 jam, dengan 50 pertanyaan, dimulai pada pukul 10.00 hingga berakhir pada pukul 18.00 WIB.

Setelah diperiksa,Dahlan Iskan tidak memberikan keterangan kepada wartawan, dan menyerahkan hak bicara sepenuhnya kepada pengacaranya, Yusril Ihza Mahendra.

Menurut Yusril,pemeriksaan berjalan lancar, dan kliennya tersebut bersikap kooperatif dalam memberikan jawaban maupun klarifikasi terkait korupsi di tempat saat Dahlan menjabat sebagai Dirut PLN pada tahun 2010 lalu.

Kejadian bermula saat PLN membutuhkan 9 juta ton BBM. 2 juta ton ditenderkan dalam 5 tender pengadaan. Sedangkan 7 juta ton dibeli langsung dari Pertamina tanpa tender.

Dari 5 tender tersebut, Pertamina memenangkan 1 tender, sedangkan 4 tender lainnya dimenangkan Shell. Karena Shell adalah produsen asing maka 4 tender yang dimenangkannya ditawarkan kepada produsen dalam negeri yakni Pertamina dan Trans Pacific Petrochemical Indotama (TPPI), yang 70 persen sahamnya dikuasai pemerintah. (Dwi Kristyowati – harianindo.com)

x

Check Also

Pengacara Hotma Sitompoel Juga Mendapatkan Keuntungan dari Proyek E-KTP

Pengacara Hotma Sitompoel Juga Mendapatkan Keuntungan dari Proyek E-KTP

Jakarta – Hakim di Pengadilan Tipikor Jakarta meyakini, dua terdakwa mantan pejabat di Kementerian Dalam ...