Home > Ragam Berita > Inilah Penyebabnya Air Laut Di Maluku Berubah Warna Merah

Inilah Penyebabnya Air Laut Di Maluku Berubah Warna Merah

Air Laut Di Maluku Berubah Merah DarahAmbon – Masyarakat Maluku, khususnya yang tinggal di Pulai Ai, Kepulauan Banda, Kabupaten Maluku Tengah, pada Minggu (22/6/2015) sore dibuat geger dengan berubahnya air laut di sana menjadi merah seperti darah.

Banyak anggapan yang beredar bahwa berubahnya warna air laut tersebut merupakan pertanda tidak baik sehingga masyarakat di sana yang sebagian besar bermatapencaharian sebagai nelayan tidak berani untuk melaut dan menangkap ikan.

Namun apakah benar hal tersebut adalah pertanda, atau fenomena alam yang konon baru pertama kali terjadi di wilayah tersebut ini hanyalah kejadian alam biasa?

Boy Rahardjo Sidharta, peneliti alga dari dari Universitas Atma Jaya Yogyakarta, mengatakan bahwa fenomena alam dimana air laut berubah warna menjadi merah bisa karena pencemaran oleh zat pewarna atau terjadinya ledakan populasi alga merah, yang biasa disebut sebagai Red Tide.

Alga yang kaya akan pigmen phycoerythrin dapat mengalami percepatan dalam pembelahan sel dan reproduksi karena tersedianya banyak nutrien di tempat tersebut (eutrofikasi) atau pemanasan global.

Ledakan populasi alga ini juga dapat berakibat buruk karena kadar oksigen di perairan itu akan berkurang sehingga mengakibatkan makhluk hidup yang tinggal di dalamnya, termasuk ikan, akan mati. (Dwi Kristyowati – harianindo.com)

x

Check Also

Meragukan Keterangan Panglima TNI, Admin @_TNIAU Dipertanyakan Netizen

Meragukan Keterangan Panglima TNI, Admin @_TNIAU Dipertanyakan Netizen

Jakarta – Akun Twitter TNI Angkatan Udara, @_TNIAU, meragukan keterangan dari Panglima TNI Jenderal Gatot ...