Home > Ragam Berita > Waspada, Ada Sekitar 400 Ribu Ton Raskin Tak Layak Konsumsi Beredar

Waspada, Ada Sekitar 400 Ribu Ton Raskin Tak Layak Konsumsi Beredar

Waspada, Ada Sekitar 400 ribu Ton Raskin Tak Layak Konsumsi BeredarJakarta – Diungkapkan oleh Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa ‎ bahwa kemungkinan beras yang diperuntukkan bagi keluarga miskin (raskin) yang tak layak dikonsumsi telah beredar di masyarakat. Jumlahnya pun tergolong besar, yakni 400 ribu ton.

Dalam keterangan persnya, di kantor kepresidenan, Jakarta, Senin (22/6), Khofifah menyatakan bahwa hal ini diungkapkan oleh Dirut Perum Bulog bahwa kemungkinan beras yang ada untuk saat ini yang kurang layak konsumsi berkisar 400 ribu ton.

Walaupun demikian Khofifah telah meminta kepada Bulog dan beberapa pihak terkait agar ditelusuri keberadaan raskin yang memang tidak layak untuk dikonsumsi. Hal ini dikarenakan beras tersebut nantinya akan sampai ke rumah tangga dimana sasaran penerimanya harus memperoleh beras yang layak untuk dikonsumsi.

Ketika Khofifah dicerca apakah beras raskin ini sudah tetap sasaran, ia menjawab bahwa untuk saat ini pihak pemerintah sedang memverifikasi dan juga validasi data. Saat ini penerima raskin masih mengacu pada data tahun 2011, hanya saja ada tambahan dari 15,5 juta menjadi 18,3 juta.

Dibeberkan oleh Khofifah bahwa untuk saat ini total kebutuhan raskin mencapai angka 2,78 juta ton per tahun atau setara dengan Rp 18,9 triliun. Tercatat sampai 19 Juni lalu, raskin yang telah dibagikan mencapai 44,88 persen dari total sekitar 2,78 juta ton.

Dengan demikian, hingga Oktober nanti stok masih aman. Karena untuk saat ini pembelian beras yang berasal dari para petani masih tetap berjalan, pungkas Khofifah. (Rini Masriyah – www.harianindo.com)

x

Check Also

Bule Ini Nekat Pakai Kaos Palu Arit di Borobudur, Apa Alasannya?

Bule Ini Nekat Pakai Kaos Palu Arit di Borobudur, Apa Alasannya?

Jakarta – Seorang wisatawan asal Prancis harus berurusan dengan pihak keamanan saat hendak memasuki Taman ...