Home > Ragam Berita > Berita ISIS Terkini: Kemlu Tegaskan Tidak Ada WNI yang Dieksekusi

Berita ISIS Terkini: Kemlu Tegaskan Tidak Ada WNI yang Dieksekusi

Berita ISIS Terkini: Kemlu Tegaskan Tidak Ada WNI yang Dieksekusi

Menlu RI, Retno LP Marsudi
(sumber foto: AFP)

Jakarta – Beberapa saat yang lalu muncul pemberitaan yang mengatakan bahwa seorang warga negara Indonesia (WNI) telah dieksekusi mati oleh kelompok Islamic State of Iraq and Syria (ISIS). Setelah sekian hari berlalu, pihak Kementerian Luar Negeri (Kemlu) RI pun angkat bicara, menegaskan bahwa berita tersebut tidaklah benar.

Menteri Luar Negeri Indonesia, Retno LP Marsudi, mengatakan pada Kamis tadi pagi (25/6/2015) di Istana Merdeka, Jakarta, bahwa pihak Kemlu RI menerima berita bahwa satu orang WNI telah ditangkap oleh ISIS di Iran dan kemudian dieksekusi. Namun demikian, lanjut Retno, setelah pihak Kemlu melakukan penelusuran lebih dalam, ternyata kabar tersebut tidak benar.

Menlu Retno menambahkan bahwa pihaknya telah berbicara dengan Duta Besar Indonesia di Teheran, Iran. Kedubes RI di Iran mengatakan bahwa pihaknya tidak menerima laporan adanya penculikan dan pengeksekusian WNI di wilayah tersebut.

Adapun berdasarkan pemberitaan yang beredar sebelumnya, ISIS mengklaim telah mengeksekusi seorang pria asal Indonesia yang sebenarnya telah bergabung bersama mereka. WNI tersebut dieksekusi karena dituduh menyebarkan AIDS di kalangan anggota ISIS dengan cara mendonorkan darahnya di rumah sakit yang dikuasai oleh ISIS di Irak.

Pria Indonesia tersebut dinilai telah sengaja mendonorkan darahnya, meski telah mengetahui bahwa dirinya mengidap AIDS. Akibatnya, dua orang anggota ISIS pun tertular penyakit yang mematikan tersebut. (Galang Kenzie Ramadhan – www.harianindo.com)

x

Check Also

Sempat Diresmikan, Bagaimana Nasib OK OCE Mart Sekarang ?

Sempat Diresmikan, Bagaimana Nasib OK OCE Mart Sekarang ?

Jakarta – OK OCE Mart pertama kali di Jakarta berada di Jalan Cikajang, Jakarta Selatan, ...