Home > Ragam Berita > Berita ISIS Terkini: ISIS Ancam Gulingkan Hamas

Berita ISIS Terkini: ISIS Ancam Gulingkan Hamas

Berita ISIS Terkini: ISIS Ancamn Hamas

Anggota Hamas tengah berlatih di Gaza
(Sumber foto: AP)

Gaza City – Kelompok Islamic State of Iraq and Syria (ISIS) pada Selasa kemarin (30/6/2015) telah menyatakan ancamannya terhadap kelompok Hamas di Jalur Gaza. ISIS menganggap bahwa Hamas tidak tegas dalam menegakkan aturan agama Islam di wilayah tersebut.

Seperti dilansir dari Al Arabiya (Rabu, 1/7/2015), ancaman ISIS tersebut disampaikannya melalui sebuah rekaman video yang diunggah ke internet. Dalam video tersebut, terlihat seorang anggota ISIS yang bertopeng menyatakan bahwa mereka akan menghancurkan negara Yahudi (Israel), Hamas, dan Fatah, serta seluruh kelompok yang dianggap “sekuler” oleh ISIS. Anggota ISIS tersebut sesumbar akan menggilas seluruh pihak yang mereka sebut tadi.

Anggota ISIS tersebut melanjutkan bahwa mereka akan menegakkan hukum agama di Gaza. Selain itu, mereka juga bersumpah bahwa apa yang terjadi di Suriah, terutama yang terjadi di kamp pengungsi Yarmouk, akan terjadi lagi di wilayah Gaza.

Video ancaman ISIS terhadap Hamas ini merupakan yang pertama kali mereka unggah ke internet. Sebelumnya ISIS belum pernah berkomentar banyak tentang konflik yang terjadi di Jalur Gaza.

Hamas sendiri sejatinya juga merupakan kelompok militan yang mengobarkan semangat jihad untuk melawan penindasan Israel di tanah Gaza. Namun demikian, secara ideologi, Hamas tidak pernah menyatakan perang atau menunjukkan sikap negatif terhadap agama lain. Aksi mereka pun masih berada dalam kerangka nasionalisme Palestina. Faham ini tentunya berbeda dengan radikalisme yang dianut oleh ISIS.

Adapun selama ini upaya Hamas untuk menghadapi sayap militer ISIS di sekitar Jalur Gaza tidak mendapat sorotan dan simpati publik. Sebab, di mata Amerika Serikat (AS) dan Uni Eropa, Hamas masih dipandang sebagai organisasi teroris yang kerap memicu konflik di Jalur Gaza. (Galang Kenzie Ramadhan – www.harianindo.com)

x

Check Also

Kuasa Hukum Habib Rizieq Pertanyakan Alasan Polisi Tidak Undang Saksi Ahli

Habib Rizieq Disebut Marah Besar Pasca Penetapan Status Tersangka

Jakarta – Imam Besar Front Pembela Islam Habib Rizieq dikabarkan marah besar pasca penetapan dirinya ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis