Home > Ragam Berita > Tragedi Hercules, Moeldoko : Boleh Untuk Keperluan Anggotanya

Tragedi Hercules, Moeldoko : Boleh Untuk Keperluan Anggotanya

Tragedi Hercules, Moeldoko : Boleh Untuk Keperluan AnggotanyaJakarta – Untuk saat ini investigasi secara menyeluruh masih terus dilakukan dengan adanya insiden jatuhnya pesawat Hercules C 130 di Medan. Tidak hanya berkaitan dengan masalah teknis yang menjadi penyebab jatuhnya pesawat namun saat ini penyelidikan berkembang ke hal-hal yang nonteknis.

Dalam keterangan persnya, Kamis (2/7), usai sidang kabinet paripurna, di Komplek Istana Kepresidenan, Jakarta, Panglima TNI Moeldoko membenarkan bahwa ia telah mengirimkan dua orang lagi untuk melakukan investigasi berkaitan dengan hal-hal non-teknis.

Walaupun demikian, standard operating procedure (SOP) penerbangan pesawat yang jatuh juga diperlukan pendalaman lebih lanjut.

Dari situlah akan diketahui apakah ada yang salah termasuk didalamnya keberadaan warga sipil yang ada di dalam pesawat yang saat ini juga menjadi korban.

Saat ini memang investigasi masih terus dilakukan, namun Moeldoko tidak ingin menjustifikasi bahwa dengan keberadaan warga sipil di dalam pesawat merupakan sesuatu hal yang salah. Karena dari penuturannya ada beberapa case yang memperbolehkan warga sipil ikut dalam penerbangan Hercules.

Dicontohkan ada salah satu anggotanya yang bertugas di Ranai, Kepulauan Riau. Dimana kala itu ia bersama dengan tiga orang anak dan istri yang hamil tua sedang ke Jakarta, namun sekembalinya lokasi tugas, ternyata ia mengajak seorang pembantu yang ini tentunya bukan anggota keluarga TNI.

Lalu yang menjadi pertanyaan adalah mengapa tidak naik pesawat komersial saja, Moeldoko menjawab bahwa kemungkinan dananya cekak sehingga untuk kepentingan kesejahteraan anggota ini diperbolehkan. Lalu ketika disinggung nonkeluarga anggota TNI apakah juga membayar? Dengan tegas Moeldoko mengungkapkan bahwa tidak boleh membayar. (Choirul Anam – www.harianindo.com)

x

Check Also

Pengacara Hotma Sitompoel Juga Mendapatkan Keuntungan dari Proyek E-KTP

Pengacara Hotma Sitompoel Juga Mendapatkan Keuntungan dari Proyek E-KTP

Jakarta – Hakim di Pengadilan Tipikor Jakarta meyakini, dua terdakwa mantan pejabat di Kementerian Dalam ...