Home > Ragam Berita > Aktivitas Gunung Raung: Masih Semburkan Lava Pijar

Aktivitas Gunung Raung: Masih Semburkan Lava Pijar

Aktivitas Gunung Raung: Masih Semburkan Lava PijarSitobondo – Gunung Raung di Jawa Timur dilaporkan masih menyemburkan lava pijar di bagian puncak kawahnya yang disertai dengan suara gemuruh. Dari laporan terbaru pada Minggu ini (5/7/2015), disebutkan pula bahwa asap putih kelabu yang cukup tebal mulai membumbung hingga ketinggian 100-400 meter.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho, mengatakan bahwa suara gemuruh yang terdengar dari Gunung Raung tersebut merupakan suara letusan yang terjadi secara terus-menerus.

Sutopo menjelaskan bahwa suara gemuruh tersebut terdengar dengan volume lemah hingga sedang. Gemuruh tersebut bisa terdengar akibat dalam dan luasnya kawah Gunung Raung, yang mengakibatkan bergemanya suara letusan. Selain suara gemuruh, aktivitas tremor dari gunung tersebut pun masih terus berlangsung.

Asap putih yang membumbung di puncak kawah Gunung Raung dilaporkan bergerak ke arah tenggara. Hujan abu tipis pun terpantau di sekitar Bandara Blimbingsari, serta di Kecamatan Songgon dan Sempu di Kabupaten Banyuwangi. Asap putih tersebut tidak sampai menganggu aktivitas penerbangan.

Sementara itu, hujan abu sudah mulai terjadi di Desa Bantal Kecamatan Asembagus dan Desa Sumberejo Kecamatan Banguputih Kabupaten Situbondo.

Adapun Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) telah menetapkan status Siaga III terhadap Gunung Raung. Masyarakat pun dilarang beraktivitas di dalam radius 3 km di sekitar Gunung Raung karena berpotensi terkena material letusan yang masih terus disemburkan oleh gunung tersebut.

Namun demikian, masyarakat di sekitar Gunung Raung masih belum perlu mengungsi dan aktivitas sehari-hari masih bisa berjalan. Pihak PVMBG sendiri sudah membagikan masker kepada masyarakat serta mendirikan posko siaga. (Galang Kenzie Ramadhan – www.harianindo.com)

x

Check Also

Fadli Zon Sarankan Jokowi Pakai Mobil Esemka, Ini Komentar Luhut

Fadli Zon Sarankan Jokowi Pakai Mobil Esemka, Ini Komentar Luhut

Jakarta – Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Fadli Zon menyarankan agar Presiden Joko Widodo ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis