Home > Ragam Berita > Berita ISIS Terkini: Militer Irak Mulai Operasi untuk Bebaskan Anbar

Berita ISIS Terkini: Militer Irak Mulai Operasi untuk Bebaskan Anbar

Berita ISIS Terkini: Militer Irak Mulai Operasi untuk Bebaskan AnbarBaghdad – Militer Irak, yang didukung oleh kelompok militan Syiah, dilaporkan tengah memulai operasi militer terbarunya untuk membebaskan Provinsi Anbar dari kendali kelompok Islamic State of Iraq and Syria (ISIS).

Seperti dilansir dari Reuters (Senin, 13/7/2015), pengumuman mengenai operasi militer menuju Provinsi Anbar ini keluar sekitar dua bulan setelah ISIS dilaporkan telah menguasai Ibukota Provinsi Anbar, Ramadi. Kelompok ekstrimis tersebut juga semakin memperkokoh kekuatannya di provinsi terbesar Irak tersebut.

Jatuhnya Ramadi, yang juga bisa dikatakan sebagai jatuhnay Provinsi Anbar secara umum, juga sempat memicu keraguan akan efektivitas strategi Amerika Serikat dalam dukungannya melawan ISIS.

Dalam siaran televisi nasional, Komando Militer Gabungan Irak mengumumkan bahwa pada pukul 05.00 waktu setempat (Senin, 13/7/2015), operasi militer untuk membebaskan Provinsi Anbar telah dimulai. Operasi militer tersebut melibatkan angkatan darat, militan Syiah, kelompok Hashid Shaabi (Mobilisasi Rakyat), Pasukan Khusus, Kepolisian, bahkan militan minor dari suku-suku Sunni.

Meski sempat mengatakan bahwa operasi militer ini akan difokuskan kepada Kota Ramadi, saat ini pasukan Irak tengan melakukan penyerangan kepada Kota Fallujah. Informasi yang beredar menyebutkan bahwa pasukan Irak mendapatkan perlawanan sengit dari ISIS dalam pertempuran tersebut.

Hadi al-Ameri, komandan Pasukan Badr yang merupakan anggota terbesar militan Syiah, mengatakan kepada televisi irak bahwa serangan besar-besaran untuk merebut Fallujah akan dilancarkan usai Idul Fitri, atau tepatnya sekitar pekan depan.

Adapun Kota Fallujah sendiri merupakan kota yang pertama jatuh di Irak ketika ISIS melancarkan serangan kilatnya pada tahun lalu. Kota ini dikuasai ISIS cukup lama sebelum akhirnya disusul oleh kejatuhan Kota Mosul. (Galang Kenzie Ramadhan – www.harianindo.com)

x

Check Also

Pengacara Hotma Sitompoel Juga Mendapatkan Keuntungan dari Proyek E-KTP

Pengacara Hotma Sitompoel Juga Mendapatkan Keuntungan dari Proyek E-KTP

Jakarta – Hakim di Pengadilan Tipikor Jakarta meyakini, dua terdakwa mantan pejabat di Kementerian Dalam ...