Home > Ragam Berita > Biasanya Menjadi Santapan, Ikan Lele Ini Justru Mangsa Manusia

Biasanya Menjadi Santapan, Ikan Lele Ini Justru Mangsa Manusia

Biasanya Menjadi Santapan, Ikan Lele Ini Justru Mangsa ManusiaJakarta – Kita yang tumbuh dan besar di Indonesia pasti sudah tidak asing lagi dengan ikan yang bernama lele. Ikan air tawar yang khas dengan kumisnya yang menyerupai kucing ini merupakan salah satu bahan utama dalam kuliner-kuliner tanah air. Bisa digoreng atau bahkan dibakar.

Namun apa jadinya jika ikan lele tersebut berukuran besar dan justru memiliki kemampuan untuk melahap kita bulat-bulat? Sejumlah spesies lele di beberapa tempat di dunia memiliki ukuran yang akan mengejutkan kita. Harian Indo akan membahasnya satu persatu dilansir dari berbagai sumber (Jumat, 7/8/2015).

1. Goonch Catfish

Goonch merupakan ikan lele yang berasal dari Sungai Kali, India. Ikan jenis dianggap sebagai ikan lele paling berbahaya. Panjangnya jauh dari ukuran normal lele pada umumnya yang mencapai dua meter dan berat hingga 75 kilogram.

Di India, seekor goonch berukuran panjang 1,8 meter dan berbobot 75,5 kilogram berhasil ditangkap. Giginya tajam dan diperkirakan kuat untuk memakan seorang anak kecil.

2. Mekong Giant Catfish

Mekong Giant Catfish adalah salah satu jenis ikan tawar raksasa yang dikabarkan sudah mulai punah. Ikan lele terbesar di dunia ini menghuni Sungai Mekong di Thailand. Panjangnya hingga tiga meter dan dapat mencapai bobot 300 kilogram.

3. Wels Catfish

Ikan ini bisa tumbuh hingga mencapai 2,2 meter dan berat 180 kilogram. Berbagai bendungan di kawasan Eropa merupakan tempat favorit ikan besar ini. Sejak abad pertengahan, “monster” air tawar ini selalu digambarkan bahwa mampu menelan seseorang hidup-hidup.

4. Piraiba

Piraiba merupakan ikan lele bentuknya lebih ramping dibanding jenis lele jumbo lainnya dan menyerupai ikan hiu. Panjangnya bisa mencapai 3,6 meter dan mencapai berat 200 kilogram. Dulu ikan ini pernah diduga memangsa manusia.

5. Sareng Catfish

kan ini memiliki kecenderungan sifat agresif. Hal itu dikarenakan di kebudayaan India yang menghanyutkan mayat-mayat di sungai, sehingga menjadi santapan Sareng Catfish. Ikan lele ini juga tercatat memangsa bebek, anjing, bahkan anak-anak. (Galang Kenzie Ramadhan – www.harianindo.com)

x

Check Also

Diminta Lewat JalurAlternatif Puncak, Mobil Anies Tetap Menerobos Arus One Way

Diminta Lewat Jalur Alternatif Puncak, Mobil Anies Tetap Menerobos Arus One Way

Jakarta – Rombongan mobil Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan tetap menerobos arus one way usai ...