Home > Ragam Berita > Musim Kemarau, Pemerintah Kucurkan Rp 200 Milyar Untuk Hujan Buatan

Musim Kemarau, Pemerintah Kucurkan Rp 200 Milyar Untuk Hujan Buatan

Musim Kemarau, Pemerintah Kucurkan Rp 200 Milyar Untuk Hujan BuatanJakarta – Sebagai langkah antisipasi untuk menghadapi dampak badai El Nino, Kementerian Pertanian telah berencana membuat hujan buatan. Dana sebesar Rp. 200 Miliar telah disiapkan untuk anggaran tahap pertama membuat hujan buatan yang sebelumnya diusulkan oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Berdasarkan pengamatan tim Harian Indo (Senin, 10/8/2015), Kepala BNPB Syamsul Maarif mengatakan, pihaknya telah melakukan evaluasi selama dua bulan. Selain itu, rencana tersebut juga sudah dikordinasikan dengan sejumlah pihak seperti TNI, Kementerian PUPR dan Pemerintah Daerah (pemda).

“Kita telah evaluasi, kita juga telah kordinasi dan mempersiapakan anggaran untuk tahap pertama sebesar Rp200 miliar,”ucap Samsul, di Kementerian Pertanian, Jakarta, Senin (10/8/2015).

Syamsul menjelaskan, untuk hujan buatan, pihak TNI telah menyiapkan dua pesawat Hercules, kemudian satu pesawat Kassa 295, Kassa 212, dan satu pesawat Kassa milil Kementerian PU.

“Saya berharap, pada saat pelaksanaan nanti, semua didukung ketersedian awan, agar semua prosesnya berjalan lancar,” harap Syamsul. (Rani Soraya – www.harianindo.com)

x

Check Also

Anies Menghindar Saat Ditanya UU Yang Melarang Istilah Pribumi

Anies Menghindar Saat Ditanya UU Yang Melarang Istilah Pribumi

Jakarta – Anies Baswedan menyampaikan pidato politik perdananya pasca pelantikan secara resmi Gubernur DKI Jakarta ...