Home > Ragam Berita > Profil Lengkap Menteri Negara Kepala Bappenas Sofyan Jalil

Profil Lengkap Menteri Negara Kepala Bappenas Sofyan Jalil

Profil Lengkap Menteri Negara Kepala Bappenas Sofyan JalilJakarta โ€“ Presiden Joko Widodo menjatuhkan pilihannya kepada Sofyan Jalil selaku Menteri Negara Kepala Bappenas . Sofyan dilantik bersama dengan lima nama yang menduduki pos baru di Kabinet Kerja. Berikut adalah profil lengkap Sofyan Jalil yang dilansir Harian Indo dari berbagai sumber (Rabu, 12/8/2015).

Dr. Sofyan A. Djalil, SH, MA, MALD (lahir di Aceh Timur, Aceh, Indonesia, 23 September 1953; umur 61 tahun) adalah Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional saat ini. Ia pernah menjabat sebagai Menteri Negara Badan Usaha Milik Negara Indonesia pada Kabinet Indonesia Bersatu. Sebelumnya dari Oktober 2004 hingga Mei 2007 ia menjabat sebagai Menteri Komunikasi dan Informatika dalam kabinet yang sama. Pada 26 Oktober 2014, ia dipilih menjadi Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Indonesia di Kabinet Kerja Periode 2014-2019 oleh Presiden Jokowi.

Sofyan berasal dari keluarga sederhana di Peureulak, Aceh Timur. Karena dia sadar kemampuan ayahnya yang tukang cukur dan ibunya yang guru ngaji, Sofyan saat kecil mencari uang dengan menjual telur itik di daerahnya. Sejak dewasa, dia pindah ke Jakarta, dan sempat menjadi penjaga mesjid di Menteng Raya 58 dan kondektur metromini. Pada saat itu juga ia terlibat dalam aktivitas kegiatan kemasyarakatan sebagai aktivis Pelajar Islam Indonesia (PII). Seiring perjalanan waktu, dengan kegigihan yang dimiliki Sofyan, akhirnya dia bisa kuliah di Universitas Indonesia, dan suatu ketika berkenalan dengan Ratna Megawangi dari IPB Bogor, sampai mereka menjalani kehidupan keluarga dan kuliah di Amerika.

“Saya dipindahkan tempat konon kabarnya Bappenas,” kata Sofyan saat tiba di Istana Kepresidenan, Rabu siang. (Galang Kenzie Ramadhan – www.harianindo.com)

x

Check Also

Unjuk Rasa Besar-Besaran Terjadi di Moskow Terkait Tuduhan Korupsi Perdana Menteri Dmitry Medvedev

Unjuk Rasa Besar-Besaran Terjadi di Moskow Terkait Tuduhan Korupsi Perdana Menteri Dmitry Medvedev

Moskow โ€“ Ribuan orang turun ke jalanan Tverskaya, Moskow pada Minggu (26/3/2016) waktu setempat, menuntut ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis