Home > Ragam Berita > Kakak Pramono Anung Ternyata Pernah Terjerat Kasus Korupsi

Kakak Pramono Anung Ternyata Pernah Terjerat Kasus Korupsi

Kakak Pramono Anung Ternyata Pernah Terjerat Kasus KorupsiKediri – Kakak dari Pramono Anung, Seskab Kabinet Kerja Presiden Jokowi yang baru (Rabu, 12/8/2015), ternyata pernah terjerat kasus korupsi proyek pembangunan jembatan senilai Rp 66 miliar pada 2013 silam. Woro Reni Pramana, kakak kandung Pramono Anung ini diduga mengetahui proses perencanaan dan penganggaran yang menyalahi aturan.

Kapolresta Kediri, Ajun Komisaris Besar Ratno Kuncoro, mengatakan izin pemeriksaan tersebut telah dikirimkan kepada Gubernur oleh penyidik Tindak Pidana Korupsi Polres Kediri. Diharapkan dalam waktu dekat polisi bisa menghadirkan Reni dan anggota parlemen yang terlibat perencanaan proyek tersebut. “Sebab, penyimpangan ini sudah terjadi sejak tahap perencanaan,” kata Ratno (Selasa, 26/2/2013)

Menurut dia, ada tiga kejanggalan dalam pembangunan Jembatan Brawijaya yang menghubungkan kawasan barat dan timur Kota Kediri ini. Kejanggalan tersebut yakni tahap perencanaan yang diduga tanpa persetujuan DPRD, proses lelang yang ternyata hanya abal-abal untuk memenangkan salah satu perusahaan, dan pelaksanaan proyek yang disubkontrakkan kepada perusahaan lain yang tidak memiliki kapasitas.

Soal kesalahan prosedur perencanaan yang berbuntut pada penggunaan anggaran pendapatan belanja daerah yang tidak sah, menurut Ratno, sudah diakui oleh pejabat Pemerintah Kota Kediri. Namun, untuk memastikannya penyidik harus meminta klarifikasi dari anggota parlemen khususnya tim badan anggaran yang menetapkan alokasi dana Rp 66 miliar untuk pembangunan jembatan.

“Kami akan periksa Ketua DPRD sebagai saksi,” kata Ratno. Menanggapi rencana penyidikan ini, Wakil Ketua Komisi Bidang Pembangunan DPRD, Muzer Zaidib, mengatakan tak masalah. Dia bahkan berkomitmen untuk memberikan keterangan sejelas-jelasnya kepada penyidik. “Kami tak akan melindungi siapa pun,” katanya. (Galang Kenzie Ramadhan – www.harianindo.com)

x

Check Also

Sandiaga Uno Sebut Ada 542 TPS Putaran Pertama Yang Hasilnya Janggal

Sandiaga Uno Sebut Ada 542 TPS Putaran Pertama Yang Hasilnya Janggal

Jakarta – Calon Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno, menyebutkan bahwa ada 542 tempat pemungutan ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis