Home > Ragam Berita > Puan Maharani, Kursi Menko Yang Tak Tergeser

Puan Maharani, Kursi Menko Yang Tak Tergeser

Puan Maharani, Kursi Menko Yang Tak TergeserJakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah mentuntaskan proses Reshuffle kabinetnya pada Rabu, 12 Agustus 2015 kemarin. Salah satu posisi menteri yang aman dari pergantian tersebut adalah posisi Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK), yang saat ini masih diduduki oleh Puan Maharani.

Terkait hal itu, Direktur Eksekutif Indobarometer, M. Qodari menganggap wajar jika Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Puan Maharani “selamat” dari reshuffle yang dilakukan Presiden Jokowi. Pada Rabu kemarin, Presiden Jokowi hanya melantik lima menteri dan sekretaris kabinet. Tiga dari lima menteri yang diganti tersebut adalah menteri koordinator.

“Sejak awal saya sudah sering mengatakan, Menko PMK yang justru aman dari isu reshuffle, di antara menko lainnya. Wajar Puan tidak kena reshuffle,” kata Qodari saat dihubungi, Rabu petang.

Menurut Qodari, ada dua hal yang menjadi konsentrasi utama bagi Jokowi dalam melakukan reshuffle. Pertama, soal pencapaian target kerja, dan kedua, soal kemampuan komunikasi dan koordinasi dari para menteri.

Qodari menilai, Menko Perekonomian Sofyan Djalil, Menko Maritim Indroyono Soesilo, dan Menko Polhukam Tedjo Edhy Purdijanto, mempunyai kelemahan pada dua hal tersebut. Hal itu dapat dilihat dari kondisi ekonomi Indonesia yang terus menurun dengan melemahnya nilai tukar rupiah serta naiknya harga kebutuhan pokok. Kondisi politik, hukum, dan keamanan juga tidak stabil dengan dualisme parpol, kekisruhan KPK-Polri, hingga insiden di Tolikara.

“Praktis, program kerja kabinet yang paling jalan adalah di bawah Kemenko PMK,” ujar Qodari. (Galang Kenzie Ramadhan – www.harianindo.com)

x

Check Also

Ini Tiga Komponen Open Government Yang Harus Ada Menurut Anies Baswedan

Ini Tiga Komponen Open Government Yang Harus Ada Menurut Anies Baswedan

Jakarta – Calon Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, menjabarkan bahwa harus ada tiga komponen penting ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis