Home > Ragam Berita > Gawat! DPR Mulai Cemas Rupiah Tembus Rp 15.000

Gawat! DPR Mulai Cemas Rupiah Tembus Rp 15.000

Gawat! DPR Mulai Cemas Rupiah Tembus Rp 15.000Jakarta – Telah diberitakan sebelumnya bahwa rupiah masih mengalami tren negatif terhadap dollar Amerika Serikat (AS). Tren ini masih tak berubah meski Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah tuntas melakukan reshuffle terhadap menteri-menterinya. Keadaan semacam ini pun mulai membuat Dewan Perwakilan Rakyar (DPR) cemas.

Ketua Badan Anggaran DPR RI Ahmadi Noor Supit mengatakan apabila nilai tukar rupiah terhadap dollar AS tahun ini menembus level Rp 15.000 per dollar AS, maka akan sulit bagi pemerintah untuk mencapai target APBN 2016.

Ahmadi mengingatkan, dalam pembahasan awal Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2016 bersama pemerintah, ditargetkan kurs rupiah terhadap dollar AS Rp 13.200 per dollar AS. Namun kondisi saat ini nilai tukar sudah menyentuh Rp 13.700 per dollar AS (data Bloomberg).

“Tahun depan kita targetkan Rp 13.200. Tapi sekali lagi, kalau dia jebol sekarang, sulit. Makanya sekarang ini jangan sampai dia di angka Rp 15.000. Kalau sampai Rp 15.000, udah lewat barang itu,” kata Ahmadi di Jakarta, Jumat (14/8/2015).

Ahmadi berharap pemerintah bersama Bank Indonesia bisa meyakinkan utamanya pelaku usaha bahwa rupiah masih akan terkendali dan bukannya akan semakin terpuruk. Selain itu pemerintah juga harus meyakinkan masyarakat dan dunia usaha bahwa pemerintah bisa berkoordinasi baik untuk memulihkan keadaan.

“Sekarang ini pengusaha menghitung-hitung mending membangkrutkan sekarang atau ada hope di depan. Ini yang paling penting dilakukan. Trust itu internal dan eksternal. Pajak jangan merajalela main hajar aja. Jangan bikin aturan yang membuat pengusaha kita takut ke depan,” terangnya. (Galang Kenzie Ramadhan – www.harianindo.com)

x

Check Also

Ribuan Bangkai Burung Berserakan di Bali, Imbas Asap Gunung Agung ?

Ribuan Bangkai Burung Berserakan di Bali, Imbas Asap Gunung Agung ?

Amlapura – Kantor Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang di Karangasem, Bali, dikejutkan dengan adanya ...