Home > Hiburan > Film The Shawshank Redemption, Gagal Menangkan Oscar Meski Rating Tinggi

Film The Shawshank Redemption, Gagal Menangkan Oscar Meski Rating Tinggi

Film The Shawshank Redemption, Gagal Menangkan Oscar Meski Rating TinggiHollywood – Film The Shawshank Redemption, yang diadaptasi dari novel Rita Hayworth and Shawshank Redemption karya Stephen King, tak mampu menangkan Oscar meski memiliki rating tertinggi berdasarkan IMDb (Internet Movie Database), yakni 9,3/10.

Film drama Amerika Serikat tahun 1994 ini disutradarai Frank Darabont dan dibintangi Tim Robbins dan Morgan Freeman. Film ini tak mampu menyabet satu gelar Oscar pun meski berhasil masuk ke dalam 7 nominasi.

Awalnya, keuntungan film ini sama sekali tidak menutupi biaya produksi yang diperkirakan mencapai USD25 juta. Hingga akhirnya The Shawshank Redemption meraih keuntungan sebesar USD10 juta setelah mendapat banyak nominasi Oscar.

Cerita film dimulai pada tahun 1947, menceritakan kisah Andy Dufresne (Tim Robbins), seorang bankir yang dituduh membunuh istri dan selingkuhannya. Berdasarkan bukti di tempat kejadian, ia dihukum penjara dua kali seumur hidup di Shawshank State Penitentiary. Ohio , Amerika Serikat. Di dalam penjara, ia bertemu dengan Ellis “Red” Redding (Morgan Freeman), yang kemudian menjadi sahabatnya.

Red dapat menyelundupkan berbagai barang ke dalam sel tahanan. Andy pun meminta palu batu berdiameter kecil, yang awalnya digunakan untuk membuat pion-pion catur. Namun kehidupan Andy di dalam penjara tak semulus yang ia harapkan. Ia kerap kali dipukuli geng homoseks “the Sisters” dan pemimpinnya, Bogs (Mark Rolston).

Dan pada tahun 1949, ia mendengar kapten penjaga Byron Hadley (Clancy Brown) mengeluh tentang pajak warisannya hingga kemudian Andy memberitahunya seputar celah dalam sistem keuangan. Dan ia pun dipercaya Hadley untuk mengurus warisannya agar tidak terkena pajak Negara.

Walaupun menjadi ‘anak kesayangan’ kapten penjaga penjara, Andy masih mendapatkan serangan dari the Sisters hingga nyaris tewas, dan harus dilarikan ke klinik penjara untuk mendapat perawatan intensif selama beberapa minggu. Atas kejadian tersebut, Hadley menghukum Bogs, dengan menghajarnya hingga Bogs harus menghabiskan sisa hidupnya dalam kursi roda dan harus dikirim ke penjara lain.

Red kemudian membawakannya poster Rita Hayworth berukuran besar, kemudian poster Marilyn Monroe dan Raquel Welch, hadiah atas pulihnya Andy.

Usai pulih, kepiawaian Andy dalam hal keuangan pun sampai di telinga kepala penjara Samuel Norton (Bob Gunton). Norton kemudian memindahkan Andy ke perpustakaan penjara untuk membantu tahanan tua Brooks Hatlen (James Whitmore), setelah sebelumnya ia hanya bekerja di binatu penjara.

Sejak itu Andy mengelola urusan keuangan penjara. Kelihaian serta kerja kerasnya menyurati pemerintah negara bagian setiap minggu juga membuahkan hasil maksimal dengan mendapatkan dana renovasi perpustakaan penjara.

Tahun 1954, Brooks bebas bersyarat, setelah 50 tahun dipenjara. Ia pun mendapatkan tempat tinggal dan pekerjaan sesuai dengan rekomendasi pihak penjara. Namun karena frustrasi, dan merasa dirinya tidak mendapatkan kebahagiaan di luar penjara, Brooks kemudian memilih mengakhiri hidup dengan gantung diri.

Memanfaatkan kepiawaian Andy, Norton memintanya untuk mencuci uangnya dengan nama samaran “Randall Stephens”, atas hasil keuntungan dari mengeksploitasi tahanan penjara untuk pekerjaan umum, serta memangkas biaya buruh terampil dan menerima suap, pada tahun 1963.

Di pertengahan cerita, muncul tokoh baru yaitu Tommy Williams (Gil Bellows) yang ditahan dengan tuduhan perampokan pada 1965. Tingkahnya yang slengean membuatnya dapat bergabung dengan geng Andy dan Red. Bahkan Andy turut membantunya lulus ujian General Educational Development (GED).

Namun siapa sangka, ternyata Tommy adalah jawaban dari benar tidaknya tuntutan pembunuhan yang dituduhkan pada Andy.

Pada tahun 1966, setelah mendengar rincian kasus Andy, Tommy mengungkapkan bahwa terdapat seorang tahanan di penjara lain yang tanpa sengaja mengaku bertanggung jawab atas kasus pembunuhan yang pada awalnya ditujukan pada Andy. Sehingga kesaksian tersebut dapat membuat Andy bisa bebas dari penjara.

Lalu Andy memberikan informasi ini kepada Norton, tetapi langsung ditolak mentah-mentah. Walhasil, Norton mengurung Andy di sel tertutup dan mengancam akan menghancurkan perpustakaan dan mencabut perlindungan dan perlakuan khusus terhadapnya, karena Andy menolak melanjutkan pencucian uang yang telah dilakukannya.

Dan saat Andy dikurung dalam sel tertutup, Norton menyuruh Hadley membunuh Tommy dengan alasan kabur dari penjara, karena Norton takut Tommy membeberkan kesaksiannya di pengadilan atas kasus praduga tak bersalah pada Andy.

Setelah Andy dibebaskan dari sel tertutup, pola tingkah lakunya tampak berubah. ia memberitahu Red mengenai impiannya untuk menetap di Zihuatanejo, sebuah kota di pantai Pasifik, Meksiko. Menurut Red, hal tersebut sangatlah tidak realistis karena Andy dipenjara seumur hidup. Bahkan, Andy meminta Red untuk mengambil sebuah paket di ladang dekat Buxton setelah Red bebas.

Tentu tingkah Andy yang aneh membuat Red curiga. Terlebih saat salah satu kawan mereka berkata pada Red bahwa Andy meminta seutas tali yang entah digunakan untuk apa.

Namun siapa sangka, keesokan harinya saat absen pagi, sel Andy kosong, hal tersebut membuat petugas bertanya-tanya bagaimana Andy bisa hilang. Hingga Norton pun datang untuk memeriksa sel Andy, termasuk Red yang dicurigai bersekongkol dalam hilangnya Andy.

Namun Red sendiri pun bingung bagaimana Andy bisa hilang. Dan saat Norton berang, ia melemparkan batu-batu pahatan Andy hingga salah satunya terlempar ke poster Raquel Welch di dinding. Namun batu tersebut tak terpantul kembali, melainkan merobek poster dan mengungkapkan keberadaan terowongan yang digali Andy dengan palunya selama dua puluh tahun.

Kisah pun terkuak, bagaimana hingga akhirnya Andy bisa kabur dari penjara melalui terowongan dan pipa pembuangan penjara. Rencana ini sudah ia perhitungkan dengan matang, bahkan ia memiliki rencana untuk menggulingkan Norton dengan turut membawa buku rincian keuangan Norton.

Paginya, saat para penjaga menyisir daerah sekitar penjara, Andy, menyamar sebagai Randall Stephens, mengunjungi sejumlah bank untuk menarik kekayaan Norton, hasil pencucian uang sebelumnya dan pergi ke tempat impiannya.

Andy pun sempat mengirim bukti korupsi Norton dan kasus pembunuhan di penjara Shawshank ke kantor berita setempat. Polisi tiba di Shawshank dan menahan Hadley, sementara Norton bunuh diri untuk menghindari penangkapan.

Setelah ditahan selama 40 tahun, Red pun akhirnya memperoleh pembebasan bersyarat. Ia berusaha beradaptasi dengan kehidupan di luar penjara namun ia khawatir akan gagal.

Ia pun teringat akan perjanjiannya dengan Andy untuk mengambil sebuah paket di ladang dekat Buxton setelah dirinya bebas. Ternyata paket tersebut berisi sejumlah uang dan surat dari Andy yang meminta Red untuk menyusul dirinya ke Zihuatanejo. Red pun memilih pergi hingga akhirnya ia dapat kembali bertemu dengan sahabatnya, dan hidup bersama untuk membangun impian mereka.

Film ini sangat menarik dilihat dari berbagai sisi. Kehidupan kelam di penjara ternyata dapat menghasilkan kisah luar biasa atas perjuangan para tokohnya.

Film ini turut diproduseri oleh Niki Marvin, dan kembali ditulis skenarionya oleh Frank Darabont berdasarkan novel Rita Hayworth and Shawshank Redemption karya Stephen King.

The Shawshank Redemption juga menjadi semakin lebih hidup karena setiap scene-nya dinarasikan oleh Morgan Freeman, yang juga menjadi pemain utama dalam film ini. Walaupun durasi film ini terhitung panjang, 142 menit, namun Anda tidak akan bosan karena alur ceritanya sangat menarik. (Galang Kenzie Ramadhan – www.harianindo.com)

x

Check Also

Diberitakan Nikah Siri dan Tengah Hamil, Ini Kata Umi Pipik

Diberitakan Nikah Siri dan Tengah Hamil, Ini Kata Umi Pipik

Jakarta – Setelah lama tidak terdengar kabarnya dan tidak pernah terlihat di televisi, Pipik Dian ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis