Home > Otomotif > Kabin Mobil Anda Terlalu Panas? Berikut Tipsnya

Kabin Mobil Anda Terlalu Panas? Berikut Tipsnya

Kabin Mobil Anda Terlalu Panas? Berikut TipsnyaJakarta – Di musim kemarau seperti ini, adalah hal wajar jika beberapa kota di Indonesia mengalami peningkatan suhu yang drastis. Bayangkan saja apa yang terjadi di dalam mobil Anda jika suhu di jalan raya mencapai 37 derajat.

Efek yang akan Anda rasakan adalah hembusan AC tiba-tiba terasa kurang. Berikut adalah tips untuk melawan kondisi panas seperti ini di dalam kabin mobil anda dilansir Harian Indo dari berbagai sumber (Sabtu, 15/8/2015).

1. AC

AC yang kurang dingin merupakan hal yang wajar karena suhu di luar kabin yang jauh melebihi kabin AC mendinginkan ruangan, untuk itu kondisi AC agar tetap berfungsi secara normal , Anda harus sering melakukan pengecekan pada kebersihan, kelancaran saluran dan kualitas freon (refrigant) AC.

2. Kaca Film

Kaca film, saat ini banyak produsen kaca film yang telah menawarkan teknologi anti-panas atau yang bisa menolak sinar ultraviolet walaupun harganya memang sedikit lebih mahal tapi setidaknya dapat memberikan Anda kenyamanan yang lebih daripada kaca film ‘biasa’.

3. Pelapis jok.

Kualitas pelapis jok dapat menentukan penyerapan panas. Terlebih soal pemilihan warna. Warna yang lebih terang dapat mengurangi efek panas berlebih lebih baik.

4. Parkirkan kendaraan di tempat teduh

Parkirkan kendaraan ditempat teduh untuk menghindari terkena langsung dari cahaya terik matahari dan juga sekaligus menjada kualitas cat dan kabin.

5. Sedikit membuka kaca mobil

Saat tidak atau sedang digunakan bukalah kaca mobil Anda sedikit, jangan terlalu besar kira-kira setengah inci untuk membuat udara dalam mobil dapat bersirkulasi.

6. Gunakan penutup kaca depan

Gunakan penutup kaca pada kaca depan Anda, demi mencegah sinar matahari lansung mengenai jok dan dashboard Anda.

Demikian tips-tips yang bisa kami berikan. Semoga bisa membantu dan menceriakan hari Anda. Selamat beraktivitas. (Galang Kenzie Ramadhan – www.harianindo.com)

x

Check Also

Ingin Punya Plat Nomor Cantik? Ini Tarifnya

Ingin Punya Plat Nomor Cantik? Ini Tarifnya

Jakarta – Dengan diberlakukannya Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2016 tentang Tarif atas Penerimaan Negara ...