Home > Travel & Kuliner > Fakta-Fakta Unik tentang Roti Tawar

Fakta-Fakta Unik tentang Roti Tawar

Jakarta – Roti tawar merupakan salah satu makanan yang akrab dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia maupun dunia. Roti ini bahkan kerap dikonsumsi sebagai menu untuk sarapan pagi, baik itu disajikan manis menggunakan selai atau pun coklat meises, maupun disajikan sebagai sandwich daging atau telur.
Fakta-Fakta Unik tentang Roti Tawar
Namun demikian, meski sangat akrab dikonsumsi masyarakat setiap harinya, tak banyak yang tahu sejak kapan jenis makanan ini mulai mendunia.

Dilansir dari Express.co.uk (Rabu, 29/7/2015), tanggal 7 Juli 1928 adalah hari pertama di mana roti tawar mulai dijual ke publik oleh sebuah pabrik roti di Missouri, Amerika Serikat yang bernama Chillicothe Baking Company.

Sejak saat itu, roti tawar mulai banyak digemari dan mendunia. Di samping itu, masih ada fakta-fakta lain tentang roti tawar yang belum banyak diketahui orang. Ingin tahu apa saja?

Berikut ini beberapa fakta mengenai roti tawar yang mungkin belum Anda ketahui:

1. Roti tawar pertama dibuat menggunakan mesin iris yang diciptakan oleh Otto Frederick Rohwedder dari Iowa, Amerika Serikat.

2. Roti tawar dianggap sebagai ‘penemuan’ terbesar dalam industri kue sejak masa roti mulai diciptakan.

3. Rohwedder telah membuat sebuah prototipe dari alat pengiris rotinya pada tahun 1912, tetapi alat tersebut hancur dalam sebuah peristiwa kebakaran pada tahun 1917. Tanggal 7 Juli 1928 yang merupakan hari pertama roti tawar diperkenalkan pada publik sebenarnya merupakan hari ulang tahun ke-48 Frederick Rohwedder.

5. Pada tahun 1943, Amerika Serikat sempat memberlakukan larangan mengonsumsi roti tawar karena masa perang. Namun akhirnya larangan itu dicabut hanya dalam tujuh minggu.

6. Lembaga Hak Paten Eropa telah mematenkan 344 produk yang di dalamnya termasuk roti tawar dan alat pengiris roti.

7. Pada zaman Mesir Kuno, para pekerja dibayar hanya dengan roti tawar dan anggur.

8. Di Inggris, para prianya mengonsumsi roti tawar sekitar 113 gram dalam sehari, sedangkan para wanita mengonsumsi sebanyak 76 gram sehari.

9. Di Inggris, 60 persen tepung digunakan untuk membuat roti termasuk roti tawar. Namun, 32 persen roti dibuang percuma.

10. Rekor untuk roti tawar terpanjang adalah 1.211,6 meter dan dipegang oleh negara Portugal sejak tahun 2005.

(Galang Kenzie Ramadhan – www.harianindo.com)

x

Check Also

Ekowisata Boon Pring, Daya Tarik Wisata Baru di Kaki Gunung Semeru

Ekowisata Boon Pring, Daya Tarik Wisata Baru di Kaki Gunung Semeru

Malang – Kabupaten Malang dan sekitarnya sepertinya tidak pernah kehabisan spot baru untuk digunakan sebagai ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis