Home > Travel & Kuliner > Siput Aneh Berkepala Dua Ditemukan di Perairan Kalimantan

Siput Aneh Berkepala Dua Ditemukan di Perairan Kalimantan

Kalimantan – Seekor spesies aneh siput laut baru-baru ini ditemukan di perairan di wilayah pantai Sabah, Malaysia Timur. Siput tersebut berkepala dua serta berkelamin ganda. Makhluk yang ternyata bernama nudibranch tersebut baru pertama kali ini ditemukan di perairan Pulau Kalimantan.
Siput Aneh Berkepala Dua Ditemukan di Perairan Kalimantan
Disebutkan bahwa nudibranch memiliki panjang 25mm namun ia bisa tumbuh hingga 120mm. Ia memiliki warna hijau neon yang menyala karena makhluk tersebut adalah keluarga spesies nembrotha kubaryana. Mereka sangat beracun untuk para predator namun mampu menetralisir semprotan Urochordata.

Penemu gambar makhluk ini adalah Aaron “Bertie” dan sutradara Will Foster-Grundy. Mereka menemukan siput aneh ini saat melakukan pengambilan video untuk cerita seri online mereka, “Borneo from Below”. “Aku belum pernah melihat makhluk laut lain yang memiliki dua kepala seperti ini sebelumnya dan aku sudah menghabiskan 10 ribu jam di dalam air mengejar nudibranchs,” kata biologis Clay Bryce yang merupakan salah satu kru film.

“Biasanya hewan semacam ini cacat dan mati dini,” lanjutnya. “Tetapi dia tampak dewasa atau setidaknya dewasa muda jadi mungkin ini adalah kasus dua kepala yang lebih baik dari sebelumnya. Ini terjadi karena cacat lahir. Hanya campuran sedikit gen atau mungkin kerusakan yang disebabkan oleh polusi.”

Adapun serial online “Borneo From Below” sendiri menceritakan beberapa pemandangan dan kehidupan laut yang menarik. Para kru bahkan mengaku mereka ingin melihat hal-hal yang tidak biasa dari bawah laut untuk diceritakan dalam situs mereka. (Galang Kenzie Ramadhan – www.harianindo.com)

x

Check Also

Wow, Villa Tempat Obama Menginap Bertarif Rp 95 Juta per Malam

Wow, Villa Tempat Obama Menginap Bertarif Rp 95 Juta per Malam

Denpasar – Mantan Presiden Amerika Serikat Barack Obama saat ini tengah berlibur di Bali setelah ...