Home > Gaya Hidup > Kenali Anak Anda Jika Mulai Jadi Pembangkang

Kenali Anak Anda Jika Mulai Jadi Pembangkang

Jakarta – Orangtua harus lebih hati-hati dan mengawasi dengan baik konsumsi hiburan dan tontonan anak-anak mereka. Sebab, input tontonan dan hiburan yang salah dapat menumbuhkan sikap membangkang pada orangtua.
Kenali Anak Anda Jika Mulai Jadi Pembangkang
Jika tidak diawasi dengan baik, adegan anak melawan orangtua di televisi lama-kelamaan akan tertanam di benak anak. Mereka akan menganggap bahwa perlakuan tersebut merupakan hal yang wajar.

Namun demikian, Anda tidak selalu bisa menyalahkan efek tontonan. Anak begitu mudah meniru apa yang terjadi di sekitarnya. Bisa saja perilaku membangkang justru dicontoh dari orangtua.

“Misalnya, anak melihat ayah bicara pada ibu lalu si ibu membangkang. Ini juga bisa dicontoh anak,” jelas psikolog anak Vera Itabiliana saat ditemui wartawan dalam acara kampanye Pepsodent #BeraniSenyum123, belum lama ini.

Di samping itu, orangtua juga harus mengevaluasi diri bagaimana cara berbicara pada anak. Cara bicara yang intimidatif dan tendensius membuat anak berontak.

“Ada usia-usia tertentu di mana anak sudah tidak bisa lagi patuh saat orangtua memaksakan sesuatu. Oleh karena itu, harus ada negosiasi. Kalau anak diperintah secara sepihak, tak heran dia nantinya jadi pembangkang,” terang Vera. (Galang Kenzie Ramadhan – www.harianindo.com)

x

Check Also

Janda Kaya Ini Bangga Telah Tiduri Lebih dari 100 Pria Beristri

Janda Kaya Ini Bangga Telah Tiduri Lebih dari 100 Pria Beristri

Jakarta – Isu pelakor ternyata tidak hanya terjadi di Indonesia, namun perselingkuhan justru menjadi tren ...